Debut Perdana KRI Bima Suci | OPINI.id

Kapal Republik Indonesia atau KRI Bima Suci memulai debut perdana pelayaran dari Spanyol ke Indonesia.

Kapal Latih Taruna AL

KRI Bima Suci merupakan penerus KRI Dewaruci milik TNI AL sebagai kapal latih bagi Taruna AAL (Akademi Angkatan Laut).

Lahir di Spanyol

KRI Bima Suci adalah kapal tiang tinggi baru pesanan Indonesia yang dibuat di Kota Vigo, sebuah kota pelabuhan di sebelah barat Spanyol.

Dilepas Perdana

Tepatnya 18 September 2017, kapal ini melakukan pelayaran perdananya menuju Indonesia. Walaupun saat itu gerimis, namun pelepasan pelayaran perdana KRI Bima Suci tampak hikmat.

Taruna AAL Lambaikan Tangan

Para Taruna AAL tingkat III angkatan 64 yang mengikuti Kartika Jala Krida 2017 di kapal itu berserta para prajurit KRI Bima Suci melambaikan tangan kepada warga Vigo dan WNI yang melepas.

Singgah ke Beberapa Negara

Selama pelayarannya hingga tiba di Indonesia pada 8 November 2017, KRI Bima Suci menyinggahi sejumlah negara yakni Italia, Mesir, Arab Saudi dan Sri Lanka.

Padang Kota Pertama

Padang, Sumatera Barat, menjadi kota pertama yang disinggahi di Indonesia. Di kota itu, sejumlah kegiatan dilakukan yang tidak jauh berbeda yang dilakukan ketika KRI Bima Suci menyinggahi negara-negara selama pelayaran dari Vigo, Spanyol, menuju Indonesia, seperti Kirab Kota yakni menampilkan Genderang Suling Gita Jala Taruna, cocktail party dan mengunjungi sejumlah tempat wisata.

Semoga Abadi

Ke depan KRI Bima Suci diharapkan dapat berlayar hingga 100 tahun.

Komentar

Fresh