LIMA FOTO TERMAHAL DUNIA | OPINI.id

Jangan pernah meremehkan karya fotografi, ada banyak foto-foto bernilai tinggi yang dihargai semahal lukisan.

Peter lik "Phantom" $6,5juta

Peter Lik menjual foto seharga 6,5juta US Dolar kepada seorang private collector. Private collector itu juga membeli karya Peter Lik lainnya yaitu Illusion 2,4juta USD dan Eternal Moods 1,1juta USD. Sejak kanak-kanak, Peter Lik menyukai fotografi. Saat itu Lik menyukai foto dengan tema 'wonders of nature'. Peter seorang Australia yang kemudian pindah ke Amerika Serikat. Salah satu proyek yang paling Wow adalah "Spirit of America", isinya fotografi tentang keindahan 50 negara bagian Amerika Serikat. Namun ditengarai fotografer melakukan mark up harga (inflating). Banyak orang di medsos menengarai tim Peter Lik melakukan proses marketing yang jenius sehingga bisa meng-inflate harga fotonya.

Andreas Gursky "Rhein II" $4,4juta

Foto ini dicetak pada plexiglas dengan lebar hampir 12kaki (sekitar 3,6 meter). Banyak orang yang tidak mengerti foto ini mencibir Rhein II namun banyak orang yang mengerti foto memuji luarbiasa karya Andreas. Andreas Ghursky adalah seorang berkewarganegaraan Jerman lahir tahun 1955. Andreas selain seorang fotografer juga seorang bergelar professor. Andreas sering melakukan fotografi arsitektur, landscape atau menggunakan format print besar. Sudah lebih dari 20 katalog foto yang telah diterbitkan Andreas Ghursky. Selain Rhein II, foto berjudul Chicago Board Trade III terjual seharga 2,2juta pounds.

Cindy Sherman "Untitled #96" $3,9juta

Cindy saat ini berusia 63 tahun, dia adalah seorang fotografer asal Amerika Serikat. Foto-foto Cindy bergaya konseptual. Selain konseptual, Cindy terbiasa menjadikan dirinya menjadi 'korban' fotonya sendiri. Dikabarkan pembeli foto ini adalah Philippe Segalot, seorang mantan kepala seni kontemporer buat Christie's yang sekarang menjadi penasihat buat para kolektor seni.

Jeff Wall "Dead Troops Talk" $3,7juta

Foto ini mengisahkan seolah-olah mereka sedang melakukan perbincangan dengan mereka sendiri sesudah mati di medan perang. Ya ini bukan foto asli, tapi rekaan. Foto ini diambil di dalam studio temporer, melibatkan performers, desainer kostum, efek spesial dan artis make-up. Jeff Wall bukan seorang sejatinya fotografer. Jeff lebih bisa diartikan seorang artis yang mengkhususkan pada foto dalam ruangan dengan latar belakang besar dan cenderung seperti art history. Jeff seorang berkewarganegaraan Kanada, lahir pada 1946. Jeff sering melakukan 'wall experiment' dalam karyanya. Pada tahun 2002, Dia menerima Hasselblad Award. Semacam penghargaan untuk fotografer berprestasi.

Andreas Gursky "99 Cent II Diptycon" $4,4juta

Karya ini dibuat Andreas pada tahun 2001. '99 Cent II Diptychon' sebenarnya adalah karya 2 buah foto. Andreas mencoba meniru interior supermarket dan menggunakan proses digital buat membentuk perspektif. Foto ini berupa chromogenic color print atau c-print. Disebut diptych karena karyanya terdiri dari dua foto. Foto ini berukuran 2,07 x 3,37 meter dicetak pada acrylic glass. Nah, jangan sangka kalau foto-fotomu itu tidak berharga. Mereka ini berhasil membuktikan jika foto bisa memiliki harga jutaan dolar, dan masih banyak lagi orang-orang seperti mereka yang bisa menghasilkan foto keren bernilai tinggi.

Komentar

Fresh