MSG Sebegitu terkutukkah ia ? | OPINI.id

MSG digunakan pada hampir semua produk makanan olahan pabrik, dari yang seharga recehan sampai puluhan ribu. Keberadaannya sebagai salah satu elemen penting "penguat rasa", menjadikannya sulit lepas dari berjenis makanan yang kita nikmati kesehariannya. Banyak penelitian yang menyatakan ( bukan menyimpulkan ) bahwa MSG ini buruk bagi kesehatan, namun sensasi "umami"nya membuat kita sulit lepas darinya, lalu bagaimana baiknya? berikut adalah pandangan saya pribadi

Dampak buruk konsumsi MSG dari berbagai sumber

1. Kegemukan 2. Gangguan jaringan otak 3. Kerusakan hati 4. Menurunnya fungsi otak 5. Chinese Restaurant Syndrome 6. Kanker 7. Kerusakan Retina 8. Diabetes 9. Hipertensi 10. Gangguan pencernaan 11. Gangguan otot 12. Gangguan jantung 13. Gangguan sistem pernafasan 14. Gangguan janin 15. Gangguan kulit,dll

Bagaimana sikap kita terhadap MSG?

Pada akhirnya keputusan akhir ada di tangan anda. Namun menurut saya, menafikkan penggunaan MSG dalam keseharian adalah hal yang sia - sia. Disamping saya percaya bahwa semua hal dihadirkan ke dunia ini ada manfaatnya, selain itu, penggunaan MSG sudah merasuk terlalu dalam di keseharian. ia hadir dalam sebungkus mie instant yang pas untuk dinikmati pada malam yang dingin, ia hadir dalam camilan - camilan pelengkap sekedar nonton film, tv, atau ngobrol dengan teman. Pendapat bahwa MSG berbahaya bukan kesepakatan seluruh ahli pangan. bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masih membolehkannya. Di dalamnya terdapat banyak ahli di berbagai bidang. Sebagiannya Doktor bahkan Profesor. Menurut FDA sih, MSG dikategorikan sebagai zat yang cukup aman dikonsumsi. Tapi tetap harus diingat, “aman” menurut FDA itu ya kalo dosisnya sesuai dengan rekomendasi mereka. Dosis MSG yang direkomendasikan (batas aman banget deh) oleh U.S Food and Drug Administration (FDA) adalah sekitar 30 miligram per berat badan. Misalnya, berat badan anda 50kg, maka dosis MSG yang direkomendasikan adalah sekitar 1,5 gram/hari. Sebenarnya kalau kita mau sedikit saja teliti, kita akan menjumpai tulisan dalam kemasan MSG, bahwa dosis yang dianjurkan adalah setengah sendok teh untuk lima mangkuk. Glutamate sebenarnya tidak bermasalah jika dikonsumsi dengan jumlah yang cukup banyak sekalipun. Akan tetapi natrium, sebagaimana natrium yang ada pada garam, hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Konsumsi natrium berlebih merupakan salah satu pendorong meningkatnya resiko darah tinggi. Itulah yang kemudian dirasa oleh tubuh sebagai pusing, pegal-pegal dan otot leher tegang. Bagaimana dengan anda?bisakah anda menghindari total penggunaan MSG dalam keseharian?

Komentar

Fresh