Hoax BPJS Kesehatan | OPINI.id

Rakyat panik mendengar kabar jika BPJS Kesehatan akan menghapus tanggungan pendanaan terhadap 8 penyakit yang justru berbahaya.

BPJS ogah layani 8 penyakit, warga panik!

Media sosial dibuat gempar dengan berita yang berisikan isu tentang BPJS Kesehatan. Ya, BPJS Kesehatan disinyalir akan menghapus tanggungan pendanaan terhadap penyakit-penyakit tertentu yang tidak menular.

Setidaknya ada delapan jenis penyakit yang pendanaannya sudah tidak akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan lagi, dan akan dibebankan kepada pasien. Penyakitnya antara lain adalah Jantung, kanker,gagal ginjal,stroke,thalasemia,sirosis hati, leukimia, dan hemofilia.

Bahkan isu ini juga membuat anggota Komisi IX DPR, Okky Asokawati turut angkat bicara. "Menurut saya itu suatu wacana yang perlu dipertimbangkan kembali," ujar politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (25/11/2017).

"Karena bukan supaya tidak ditanggung, tetapi bagaimana BPJS Kesehatan sendiri kemudian juga transparan dalam hal keuangannya. Transparan ketika membuat rencana kerja anggaran tahunannya dan transparan di dalam membuat perjanjian-perjanjian, baik dengan pelayanan kesehatan maupun pelayanan obat," katanya. Sumber: Kompas.com

Defisit jadi alasan dibalik munculnya isu BPJS Kesehatan

Isu BPJS Kesehatan ramai diperbicangkan. Rencana BPJS Kesehatan yang tidak akan lagi mencover 8 jenis penyakit ini ternyata ada alasannya.

Seperti dilansir detik.com, BPJS Kesehatan mengalami defisit anggaran mencapai Rp 9 triliun. Mengatasi hal tersebut, BPJS Kesehatan mengajukan skema cost sharing yang artinya peserta BPJS terlibat mendanai biaya perawatan untuk penyakit katastropik (berbiaya tinggi dan butuh penanganan medis lama).

Nah setelah mendapatkan hasil, ternyata ada 8 penyakit yang jadi penyebab habisnya 20 persen dari total anggaran yang ada. Karena itu, BPJS Kesehatan mengusulkan agar penyakit-penyakit katastropik itu dilakukan kebijakan cost sharing. Penyakit tersebut adalah jantung, ginjal, kanker, stroke, thalasemia, leukimia, sirosis hepatitis, dan hemofilia.

BPJS Kesehatan bantah isu yang beredar

Terhitung sejak Jumat (24/11/2017), isu yang menyatakan jika BPJS Kesehatan tidak akan mencover delapan penyakit mulai beredar dan meresahkan warga. Delapan penyakit itu antara lain adalah jantung,gagal ginjal,kanker,stroke,sirosis hepatitis, talasemia,leukimia, dan hemofilia.

Menanggapi isu ini, pihak BPJS pun menyatakan kalau informasi tersebut tidak sepenuhnya betul. Kepala Humas BPJS Kesehatan Nopi Hidayat sampai mengeluarkan siaran pers terkait isu tersebut. Menurutnya, ini hanya kesalahan informasi yang beredar di masyarakat, khususnya saat berdiskusi.

Saat berdiskusi, BPJS Kesehatan diminta paparan tentang perkembangan pengelolaan JKN-KIS. Dalam acara itu, ada paparan yang ditampilkan seperti di Jepang, Korea, dan Jerman yang menerapkan cost sharing. Nopi pun menegaskan jika sampai saat ini BPJS Kesehatan tetap akan menjamin ke-8 penyakit tersebut sesuai regulasi pemerintah.

Komentar

Fresh