9 Jenis Bir Yang Paling Umum Dijumpai | OPINI.id

Ada dua macam bir yang paling umum dan dikenal banyak orang, yaitu Ale dan Lager. Ale berasal dari Inggris sementara Lager, yang berasal dari Eropa Tengah. Pada umumnya, rasa Ale lebih manis dan fruity, sementara rasa Lager lebih lembut dan kering. Ale dan Lager itu sendiri kemudian terbagi menjadi bermacam-macam bir. Yuk, kita kenali lebih jauh mengenai jenis-jenis bir tersebut yang paling umum dijumpai di dunia!!

Barley Wine

Meskipun disebut sebagai Wine, sejatinya Barley Wine merupakan sejenis bir. Ia memiliki rasa manis yang kuat sekaligus pahit. Umumnya berwarna mirip tembaga dan agak kecoklatan, Barley Wine termasuk ke dalam salah satu jenis bir terpahit.

Pale Ale

Pale ale adalah sejenis dry beer dengan rasa hops yang cukup kuat. Ia memiliki varian rasa yang cukup luas, dari lembut hingga agak pahit dengan sedikit rasa buah. Warnanya bervariasi antara kuning kecoklatan hingga kuning.

Brown Ale

Rasa dari Brown Ale sedikit hambar, warnanya bervariasi mulai dari kuning gelap hingga coklat. Kadar alkoholnya kadang cukup rendah.

Porter

Porter berwarna agak gelap dan memiliki citarasa yang tinggi, dengan rasa gandum yang mendominasi rasa hops yang lembut. Bir ini benar-benar kaya akan rasa, memiliki tingkat kepahitan yang sedang, dan kadang terasa manis.

Stout

Stout adalah jenis bir hitam dengan rasa pahit yang amat kuat yang berasal dari jelai yang dibakar (roasted barley). Kata stout awalnya berasal dari sebutan untuk bir Porter yang paling kuat (stoutest), oleh karena itu bir Stout dan Porter memiliki karakteristik yang sama. Sebagian orang menyebut Stout sebagai espresso dari para bir, karena rasanya yang tajam dan kuat.

American Lager

Inilah jenis bir paling umum dijumpai di Amerika. Rasanya amat berair dan nyaris tidak memiliki karakteristik, karena diproduksi secara massal dan murah. Kadang-kadang bir jenis ini dibuat menggunakan beras atau jagung untuk menghemat biaya produksi.

Pilsner

Bir pilsner yang memiliki warna yang cukup pucat merupakan bir yang paling umum dijumpai di Indonesia. Disebut pilsner karena berasal dari daerah Pilsen (Plzeƈ), Cekoslowakia pada tahun 1842. Bir ini memiliki rasa yang jernih dan segar, dengan sedikit rasa manis yang berasal dari gandum. Warnanya bervariasi antara kuning keemasan hingga kuning pucat.

Bock

Bock adalah sejenis bir dengan kadar alkohol yang tinggi yang berasal dari Jerman. Untuk ukuran lager, rasanya cukup pahit sehingga lebih mirip ale, namun dengan warna yang lebih cerah.

Dark Lager

Sebuah Dark Lager biasanya dibuat menggunakan hops yang dipanggang sehingga memberikan citarasa gosong sekaligus agak manis. Warnanya bervariasi antara kuning gelap hingga coklat kemerah-merahan.

Komentar

Fresh