CIUM TANGAN | OPINI.id

Salah kalau kamu anggap cium tangan dari seorang yang muda ke yang tua atau mencium tangan yang dihormati itu berasal dari Budaya Indonesia saja.

Sejak 600 M

Cium tangan sudah ada sejak jaman Nabi Muhammad SAW di daratan Arab. Ada kisah yang diceritakan di dalam hadis kitab Fathul Bari : "Abdurrahman bin Razin bercerita: Kami berjalan jalan di daerah Ribdzah kemudian ada yang mengatakan kepada kami: Disini Salmah bin Al Akwa’ tinggal (sahabat nabi)pent. Kemudian saya mendatangi beliau. Saya mengucapkan salam kepadanya. Dia mengeluarkan tangannya seraya berkata:”Saya pernah berbai’at kepada Nabi dengan kedua tangan saya ini. Lantas dia mengulurkan telapak tangannya yang besar seakan akan seperti telapaknya unta, maka kami langsung berdiri meraih telapak tangan beliau kamudian kami menciumnya. Ya, Nabi Muhammad hidup di sekitar awal abad 600 M

Keramik Polandia Tahun 1740an

Patung keramik yang menunjukkan seorang lelaki mencium tangan wanita merupakan bukti nyata jika pada jaman itu cium tangan sudah lumrah terjadi. Johann Joachim Kändler seorang pemodel keramik polandia membuat model keramik seorang lelaki mencium tangan wanita di tahun 1740an.

Tujuan cium tangan

Indonesia, menghormati lebih tua. Di Indonesia dan negara tetangga semacam Malaysia dan Brunei, cium tangan sering dilakukan kepada orang yang lebih tua. Lazim jika melihat yang muda mencium tangan orang yang lebih tua. Religious Purposes Mencium tangan orang yang 'derajat' keagamaannya sangat lazim dilakukan di budaya katolik roma atau Islam. Santri-santri di Indonesia atau bahkan Presiden Negara masih wajar mencium tanyan seorang Kyai atau Ustadz besar. Mencium tangan seorang kardinal di Katolik Roma juga masih wajar dilakukan bahkan oleh sekelas Presiden/Perdana Menteri Menunjukkan Kesetiaan Raja-raja jaman dahulu sangat dijunjung tinggi oleh kebanyakan rakyatnya. Rakyat menganggap jika rajanya adalah junjungan yang patut disembah. Selain mencium kaki, mencium tangan juga biasa dilakukan untuk menunjukkan kesetiaan. Terutama di jaman dahulu. Menunjukkan kekaguman. Cium tangan juga bisa dilakukan jika kagum terhadap orang lain. Seorang lelaki bisa saja mencium seorang wanita karena suka atau kagum dengan kewanitaannya.

Ini jangan ditiru

Budaya timur terutama Indonesia menjunjung tinggi gesture-gesture penghormatan yang muda kepada yang tua. Walau menghormati seorang yang lebih tua (kakak) tidak harus mencium tangan, namun melakukan hal tersebut tidak akan melukai siapapun. Jangan seperti ini ... LOL

Komentar

Fresh