Ini penyebab bayi Adam Fabumi meninggal | OPINI.id

Innalillahiwainnailaihirojiun. Bayi Adam Fabumi yang lahir pada April 2017 meninggal dunia karena kelainan yang dideritanya yaitu sindrom patau atau Trisomy 13.

Yuk kita lihat fakta-fakta seputar Trisomy 13 yang menjadi penyebab bayi mungil ini.

Bayi Adam meninggal karena Trisomy 13

Sejak sang ibunda mengandungnya di usia kehamilan lima bulan, Ratih Megasari didiagnosa mengandung janin dengan sindrom dandy-walker. Saat bayi Adam Fabumi lahir, sindrom tersebut berkaitan dengan kasus selanjutnya. Adam divonis mengidap sindrom patau dan trisomy 13.

Konon, dokter sudah memberi tahu Ratih bahwa anak dengan trisomy 13 tidak dapat hidup lebih dari usia 1 tahun. Namun, Ratih dan suaminya Ludi gigih merawat Adam, dan percaya kasusnya kali ini berbeda. Namun apa daya, takdir berkata lain. Setelah berjuang selama 6 bulan, akhirnya bayi adam pun meninggal dunia pada hari Rabu 22 November 2017. Setelah ini akan ada slide seputar fakta trisomy 13.

1. Kelainan Kromosom

Ini dikenal sebagai sindrom patau. Artinya, saat manusia terbentuk di dalam rahim seorang ibu, seharusnya ada dua salinan kromosom. Manusia punya sebanyak 23 pasang kromosom. Kenapa dinamakan trisomy 13, itu dikarenakan ada salinan ketiga dari kromosom yang hadir.

2. Usia singkat

Umur memang hanya Tuhan yang tahu, tapi sebagian anak yang memang terkena sindrom terutama Trisomy 13 sudah bisa dipastikan tidak bisa bertahan lama.

Bahkan riset sudah membuktikan hanya 5% anak trisomy 13 yang hidup hingga perayaan ulang tahun mereka.

3. Memiliki jari lebih

Adam Fabumi lahir dengan enam jari kaki dan tangan. Begitu juga dengan anak lain dengan sindrom ini. Situs Health Research Funding menyebutkan, sindrom ini tidak mengenal etnis atau ras. Namun, umumnya diderita bayi laki-laki di dunia.

4. Selalu diiringi sejumlah penyakit

Adam mengalami sumbing di dalam, juga kesulitan bernapas sehingga membutuhkan bantuan ventilator. Anak dengan trisomy 13 juga biasanya mengalami tangan terjepit, mata menutup, hernia, hidrosepalus, dan lainnya

Komentar

Fresh