Kue pancong goes to New York | OPINI.id

Mulai dari budayanya, alamnya, sampai makanannya juga dikagumin oleh dunia.

Seperti halnya camilan Betawi alias kue pancong atau lebih dikenal dengan sebutan coconut pancake yang jadi idola baru di New York.

Moon Man kenalkan kue pancong di New York

Kue yang dibuat dari santan, tepung beras, dan kelapa ini memang mampu mengoyang lidah. Buktinya bule aja pada doyan sama kue khas Indonesia ini.

Terhitung sejak April 2017, kue ini berhasil mencuri perhatian bule New York. Lewat brand Moon Man, kue yang disebut Coconut Pancake ini dikenalkan lewat pasar malam yang diadakan di Queens Night Market. Mereka sukses mencuri perhatian para pengunjung dan penikmat kuliner di kota Big Apple tersebut.

Kue pancong menang penghargaan

Saking enaknya dilidah bule, kue pancong berhasil meraih penghargaan. Vendy Award pun disabetnya. Ini adalah penghargaan tahunan untuk para penjaja makanan terbaik di kota New York, Amerika Serikat.

Kue pancong yang disajikan di Queen Night Market ini juga dimodifikasi guys. Niegel dan saudaranya membuat kue pancong yang udah dimodif. Soalnya modifikasi ini diperlukan guna menghasilkan rasa yang disukai oleh warga setempat.

Adonan dipanggang dalam wadah bulat. Kemudian diangkat dan ditaburi aneka bahan pilihan, misal cokelat,keju dan kacang. Lalu dibakar di bagian atas sehingga membuat aneka bahan taburan tadi meleleh dan menambah kenikmatan kue.

Kue Putu juga dikenalkan di New York

Oh iya gak hanya kue pancong aja yang dikenalin ke warga New York oleh Moon Man. Tapi mereka juga mengenalkan kue putu dan srawut.

Kedua kue ini juga disajikan dengan cara yang berbeda tanpa mengurangi cita rasa Indonesia. Adonan kue putu misalnya tetap di kukus meski tidak memakai bambu. Kemudian diberi aneka rasa, seperti cokelat, keju, susu dan sebagainya. Sehingga tampilan kue sedikit berbeda dan tentu menggugah selera.

Wow, kue pancong masuk 100 makanan terbaik?

Gak mudah dan gampang loh bisa jadi makanan terbaik di tahun 2017, apalagi di negeri orang. Yup, kue pancong disukai sama warga New York. Hasilnya, makanan ini pun masuk dalam kategori 100 makanan dan minuman baru terbaik 2017 versi situs travel Timeout.com.

Komentar

Fresh