Waduh, kopi jadi bahan bakar bus? | OPINI.id

Minuman sejuta umat ini ternyata gak hanya bisa dinikmati lewat cangkir saja, tapi juga bisa diubah jadi bahan bakar.

Inggris siap ubah kopi jadi bahan bakar

Waduh, sebagai penggemar kopi berita ini sebenarnya sedikit kaget dan terkejut. Soalnya, kopi itu bagi para pecinta kopi sangat sakral.

Makanya, setiap jenis kopi punya rasa yang dan aroma yang berbeda-beda. Tapi di kota kelahiran pesepakbola David Beckham ini, kopi justru akan dijadikan bahan bakar.

London, Inggris siap ubah kopi jadi bahan bakar, dimana pada nantinya akan digunakan untuk menjalankan mesin bus-bus di jalanan.

Ternyata hanya ampas kopi saja

Jika diatas sempat kesal mendengar kabar ini (khusus penggemar dan pecinta kopi), di slide kedua ini kamu pasti bisa lebih tenang. Soalnya, ternyata kopi yang akan digunakan menjadi bahan bakar bus kota di London ini hanya ampas kopi saja.

Ampas kopi ini pada nantinya akan diubah jadi biofuel. Ini adalah ide dari sebuah perusahaan teknologi bernama Bio-bean di Inggris. Mereka mengklaim jika sudah memproduksi ampas kopi yang cukup untuk mengoperasikan satu bus selama setahun. Waduh, jangan-jangan asapnya bisa beraroma kopi nih guys.

Fakta kopi jadi bahan bakar

Untuk menghasilkan daya bagi sebuah bus London dalam satu tahun dibutuhkan 2,55 juta cangkir ampas kopi. So far, sudah ada 6.000 liter bahan bakar dari kopi yang telah diproduksi.

Sebenarnya, biofuel telah digunakan untuk mengoperasikan sekitar 9.500 bus yang ada di London. Akan tetapi, ini adalah biofuel pertama yang berbahan dasar ampas kopi dan akan diterapkan di kendaraan umum. Menurut Bio-bean, penduduk London menghasilkan 200 ribu ton ampas kopi per tahun.

Ini merupakan potensi besar bagi bahan bakar baru ini. Ampas kopi yang digunakan diambil dari kedai kopi dan pabrik kopi instan. Bus tidak perlu modifikasi untuk dapat menggunakan bahan bakar ini.Langkah ini diambil karena tingkat polusi di Inggris sudah mengkhawatirkan.

Komentar

Fresh