Orang Jadi Lebih Buruk Gara-Gara Sosmed | OPINI.id

Sosial media tidak hanya memiliki banyak dampak positif, tapi juga banyak dampak negatif. Buat saya dampak paling parah sosial media adalah membuat orang memiliki mental yang lebih buruk. Ini caranya sosmed bisa membuat kamu jadi orang yang lebih buruk.

Cuma Mau Tau Apa Yang Disukai

Fitur filter dan rekomendasi di sosmed membuat orang cuma mendapatkan konten yang dia sukai saja. Padahal sebagai makhluk sosial kita juga harus bisa menghadapi hal-hal yang tidak kita sukai.

Gampang Kena Hoax

Gara-gara orang terlatih untuk menerima apa yang dia suka saja, maka informasi hoax yang dia suka akan lebih gampang diterima juga.

Gampang Cemburuan

Sosmed membuat orang gampang memamerkan kekayaan atau keberhasilannya. Hal ini bisa membuat orang lain gampang cemburuan dan membangun budaya ga mau kalah.

Mengeluarkan Yang Terburuk

Sosmed membuat orang jadi lebih berani mengungkapkan pikirannya dalam kata-kata kasar. Bahkan jumlah bullying online lebih banyak daripada di dunia nyata.

Perasaan Palsu

Punya temen di sosmed yang banyak bukan berarti kamu adalah orang yang sosial. Melike sebuah post kebaikan, bukan berarti kamu melakukan kebaikan tersebut. Sosmed bisa memberikan perasaan palsu untuk membuat orang lebih senang dengan dirinya.

Komentar

Fresh