Syair indah sebelum sholat | OPINI.id

ADZAN (2x) اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر (2x) أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّاللهُ (2x) اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ (2x) حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ (2x) حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ (1x) اَللهُ اَكْبَر , اَللهُ اَكْبَر (1x) لاَ إِلَهَ إِلاَّالله

Mimpi Abdullah bin Zaid

Suatu pagi aku datang kepada Rasulullah SAW untuk menceritakan kepada beliau apa yang aku impikan tersebut,” Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya ini adalah mimpi yang benar, insyaAllah,” Kemudian Nabi SAW memerintahkan adzan. Maka Bilal maula Abu Bakar beradzan dengan lafadh-lafadh tersebut dan menyeru Rasulullah SAW untuk shalat.

Bilal Bin Rabah

Adzan pertama kali di kumandangkan oleh Bilal bin Rabah pada tahun kedua Hijriah. Bilal bin Rabah adalah seorang budak berkulit hitam dari Habsyah yang masuk Islam ketika masih diperbudak. Setelah majikannya mengetahui bahwa Bilal masuk Islam, maka Bilal disiksa terus menerus setiap harinya, guna mengembalikan keyakinannya agar tidak memeluk Islam. Tetapi Bilal tidak mau kembali kepada kekafirannya dan tetap melantunkan "Ahadun Ahad, Ahadun Ahad...". Pada akhirnya Bilal dimerdekakan oleh Abu Bakar, dan menjadi salah seorang sahabat nabi.

Jawaban Adzan

Apabila mendengar suara azan, disunahkan untuk menjawab azan tersebut sebagaimana yang diucapkan oleh muazin, kecuali apabila muazin mengucapkan: "Hayya alash-shalah", "Hayya alal-falah", dan "Ashsalatu khairum minan-naum" (dalam azan Subuh). Apabila muazin mengucapkan "Hayya alash-shalah" atau "Hayya alal-falah", disunahkan menjawabnya dengan lafal "La haula wa la quwwata illa billahil 'aliyyil 'azhim" yang artinya "Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah".

Yuuuukkkk

Sholat Berjamaah

Kamu sering sholat dimana??
Rumah
Tempat kerja
Masjid / Mushola
2 votes

Komentar

Fresh