9 TIPE ORANG YANG GAGAL DI TEMPAT KERJA | OPINI.id

Sembilan tipe orang yang tidak pernah sukses di tempat kerja Semakin kesini, pengalaman dan pengetahuan semakin hilang relevansinya dengan pekerjaan. HRD perusahaan semakin lebih mementingkan personal skill dan social skill dibanding pengalaman dan pengetahuan calon karyawan. Ekonom Harvard, David Deming, melakukan studi yang berkesimpulan bahwa perusahaan (tempat kerja) yang mementingkan kemampuan sosial (social skill) bertambah 24 persen sejak 1980 sampai sekarang.

Tipe orang yang looser di tempat kerja

Kalau sudah memasuki dunia kerja akan bermunculan tipe-tipe manusia yang terus berceloteh sementara kamu bergelut dengan deadline, orang yang dengan kasar mendapat pujian atas semua ide-ide hebatmu, atau bahkan orang-orang yang menyebabkan kamu lembur karena kesalahannya. Percaya, orang-orang seperti itu tidak akan mencapai level tertinggi di pekerjaan. Berikut ini tipe-tipe lain yang tidak akan sukses di tempat kerja :

THE COWARD ~ Pengecut

Salah satu ciri orang seperti ini di tempat kerja adalah mudah dengan cepat menyalahkan orang lain buat menutup kesalahan fatalnya, dan orang seperti ini biasanya tidak bisa teguh berdiri akan haknya. Mudah goyah cuma dengan sedikit gertakan.

THE DEMENTOR ~ Penyedot Jiwa

Dalam novel seri J.K. Rowling, Harry Potter, the dementor adalah makhluk menjijikan yang mengisap keluar jiwa seseorang. Dementor akan meninggalkan manusia cuma tinggal 'cangkang' nya. Setiap kali Dementor masuk ruangan, seketika itu pula suasana menjadi GELAP, seolah-olah jiwa setiap orang terhisap. #Lebay Nyatanya, Dementor ini adalah orang yang bisa menjadi demotivator, memandang negatif terus, atau seorang pesimistis. Sudut pandang orang ini selalu ibarat 'gelas setengah isi' Cuma ada satu cara supaya jiwamu tidak dihisap, jauhi dan jangan dengar tipe-tipe orang ini.

THE ARROGANT ~ Orang Arogan

Kenapa orang arogan ini selalu nampak seperti buang-buang waktu saja? karena orang arogan ini selalu melihat sesuatu cuma sebagai personal challenge, bukan team challenge. jangan tertipu, orang arogan ini seolah tampak seperti optimis... namun sejatinya orang ini seperti 'false optimistic' Orang-orang arogan ini biasanya performanya tidak bagus atau masalah yang dia punyai biasanya bersifat kognitif (cuma perasaan atau cuma berada di kepalanya saja, unreal)

THE GROUP-THINKER ~ tuan comfort zone

Orang ini biasanya selalu berpikir "memang cara kita selalu begini". Dia selalu berada ingin di zona nyamannya atau status quo, pastinya orang-orang ini adalah orang yang tidak suka/takut perubahan. Hati-hati, jangan sampai otakmu tercuci.

THE SHORT-CHANGED ~ nyonya pemalas

Orang dengan tipe ini seringkali menyalahkan ketidakmampuannya memenuhi target karena sedikitnya kesempatan, sementara sebenarnya kesempatan terbuka lebar. Tidak usah pakai kata pemalas, namun cuma kerja keras saja yang dibutuhkan orang seperti ini. Karena sejatinya tidak ada pemalas di tempat kerja, yang ada orang yang mudah jatuh atau kurang bekerja keras. Buat dia istilahnya 'kerja keras' tapi buat orang lain mungkin 'kerja biasa'. LOL

THE TEMPERAMENTAL ~ si pemarah

Beberapa orang tidak bisa mengontrol emosinya. Orang seperti ini perform tidak bagus karena 'awan mendung' yang kerap menggelayut tiba-tiba mengeluarkan halilintar. LOL Hati-hati dengan orang seperti ini, sekali dia dipush oleh seseorang/boss, kamu yang akan kena curahan emosinya! hati-hati ....

THE VICTIM ~ si pemain victim

Orang ini amat sukat buat diidentifikasi, bisa jadi karena kamu yang terlalu berempati terhadap penderitaan orang lain. Namun seiring waktu berjalan, kamu mulai menyadari keberadaan orang ini. Si victim ini biasanya menarik diri dari setiap tanggungjawabnya dengan memberikan berbagai alasan ketidakmungkinan. Mereka tidak melihat halangan sebagai tantangan, namun lebih melihat sebagai as an opt out. Be aware, jangan sampai di tim kamu ada orang seperti ini!

THE GULLIBLE ~ adik polos

Sebenarnya kita tidak harus merasa kasihan terhadap orang ini. Orang ini biasanya fresh grad yang baru masuk kerja. Mereka tipe kerja 'apa saja'dan dibayar berapapun. Seperti orang yang mencari aman atau mereka sebenarnya tidak tahu harus bagaimana. Orang-orang seperti ini harus ditanamkan hal-hal seperti : Gak masalah menegosiasi gaji, gak masalah buat bilang tidak pada suatu pekerjaan, atau bahkan tidak masalah buat bertanya tentang pekerjaan supaya berjalan lebih cepat dan praktis. Dia harus belajar berdiri sendiri, terutama pada moment yang tepat. Itu!! #AlaMarioTeguh Percaya deh, selain penjilat... kamu akan temukan orang seperti ini dekat Bos. LOL

THE APOLOGIZER ~ peminta maaf

Orang ini seringkali meminta maaf akan ide-idenya. Terutama jika ide-idenya tidak berjalan dengan baik, bukannya mencari solusi namun orang ini akan minta maaf dan beranggapan permintaan maaf adalah suatu alasan. Meminta maaf sebelum melontarkan ide/gagasan akan membuat idemu nampak murahan. Penting bagimu mengeluarkan tone dan bahasa tubuh yang menunjukkan pentingnya ide-idemu. Bukannya meminta maaf (apologizing). Jika kamu percaya akan suatu hal buat dibagi, maka miliki ide itu dan bagi dengan timmu secara percaya diri. Dari Dr. Travis Bradberry buat CNBC.

quote-mark

FAILURE IS NOT FATAL, BUT FAILURE TO CHANGE MIGHT BE -- JOHN WOODEN

Komentar

Fresh