Si Gale-Gale, Sihir Atau Teknologi? | OPINI.id

Mungkin sebagian teman-teman opini sudah tau siapa dan apa itu si Gale-gale, ini adalah sebuah kisah rakyat asli Indonesia yang berasal dari tanah batak tepatnya di pulau Samosir. Jika kalian pernah berkunjung ke Danau Toba maka kalian pasti tahu letak dari pulau Samosir ini. Berikut adalah cerita singkat dari si Gale-gale...

Si Gale-gale

Alkisah pada jaman dahulu kala hiduplah seorang raja di Uluan tanah batak, dia sudah tidak beristri dan hanya memiliki putra satu-satunya yang bernama Mangalae . Raja ini sangat bijaksana dan suka sekali bertempur ke medan perang. Seiring waktu anaknya pun tumbuh menjadi dewasa dan memiliki keahlian berperang yang sangat hebat sehingga putranya ini dinobatkan olehnya untuk menjadi panglima perang dari Uluan.

Singkat cerita pada suatu pertempuran meninggal lah anaknya akibat terkena serangan musuh, sejak saat itu sang raja pun menjadi lemah dan mudah jatuh sakit akibat rasa rindu terhadap anak satu-satunya tersebut.

Melihat hal tersebut, para dukun sakti atau yang disebut tetua dari Uluan berkumpul dan bersepakat untuk membuatkan raja sebuah patung yang sangat menyerupai bentuk si Mangalae anak raja tersebut.

Kemudian setelah patung itu jadi para tetua pun memanggil sang raja untuk melihat patung tersebut, karena sangkin mirip dengan anaknya yang sudah tiada itu maka menangislah sang raja ketika pertama kali melihat patung tersebut. Lantas para tetua pun mulai melakukan upacara spiritual untuk memanggil roh si Mangalae anak sang raja itu untuk masuk kedalam patung itu, seketika bergeraklah patung tersebut dan menari tor-tor tarian asli adat batak dan juga menangis selakyaknya manusia asli.

Kegiatan tersebut terus diulang oleh sang raja ketika malam purnama untuk melepas rindu nya yang sangat dalam kepada anaknya hingga sang raja pun wafat maka upacara spiritual ini pun dihentikan oleh penduduk setempat hingga saat ini.

Sihir Atau Teknologi ?

Kalau kita lihat pada jaman sekarang dimana teknologi sudah semakin canggih ada kesamaan hal atau perilaku manusia dimana sejak dahulu kala manusia itu sendiri sudah memiliki niat dalam menciptakan benda yang bisa memiliki kemampuan sama seperti manusia yang sekarang kita kenal dengan sebutan ROBOT.

Selain dari si Gale-gale ada juga kisah Pinokio meskipun Pinokio ini hanyalah sebuah dongeng namun konsep untuk membuat benda mati menjadi hidup seperti manusia sudah ada sejak dahulu kala. Ada juga karpet atau permadani terbang dari kisah Aladin yang sekarang kita kenal dengan sebutan Hover Board.

Jika diperhatikan ada kesamaan saat ini dengan jaman dahulu, dimana Si Gale-gale dan Pinokio dibuat oleh para ahli sihir demikian juga robot pada masa kini yang dibuat juga oleh para ahli teknologi atau sains.

Jika memang manusia sudah memiliki konsep yang sama tersebut sejak ribuan tahun yang lalu, lantas apakah manusia yang sekarang bisa disebut sebagai kemajuan dari sebuah jaman atau hanya sebuah pengulangan kejadian yang sebenarnya manusia di jaman dahulu sudah lebih canggih?

Perlu diketahui sejarah dan para ahli mengatakan bahwa Danau Toba dan pulau Samosir dimana tempat si Gale-gale ini berada adalah hasil dari ledakan sebuah gunung besar yang konon katanya termasuk salah satu gunung terbesar yang pernah ada di dunia. Ledakan gunung tersebut sangatlah dahsyat diantara ledakan gunung yang pernah terjadi hingga saat ini, akibat dari ledakan tersebut iklim yang ada di dunia pun berubah total.

Sudah bisa dipastikan tentunya sebelum gunung itu meledak daerah disekitar situ adalah daerah yang paling subur dan maju diantara daerah-daerah yang lain yang ada di dunia. Dan perlu untuk di ingat, bahwa ini terletak di Indonesia.

Menurut kalian si Gale-gale ini ilmu sihir atau robot?
Sihir
Robot
43 votes

Komentar

Fresh