Indonesia punya jenis mangga baru? | OPINI.id

Mumpung masih musim mangga, yuk kita ngobrolin seputar buah ini.

Nah, Varietas komoditas buah baru kembali diluncurkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian. Kali varietas baru tersebut dari jenis buah mangga.

Ada banyak jenis mangga di Indonesia

Musim mangga! Nah, ini adalah salah satu musim selain musim penghujan dan kemarau di Indonesia guys, hehehe. Kamu pasti terkadang suka bingung kan kalau mau beli buah mangga. Bingung, soalnya ada banyak nama-nama dan jenis mangganya. Menurut beberapa ahli sih, sebenarnya ada 35-40 jenis mangga, tapi kita hanya akan bahas yang sering dibeli aja deh, check these out!

Mangga Harum Manis

Mangga Harum Manis atau mangga Gadung, memiliki aroma cukup harum dan rasa manis. 
Berbentuk bulat memanjang, dengan panjang mencapai 15 cm. Pada ujung buah terdapat paruh dan sinus atau lekukan, dan terlihat cukup jelas.

This one of my favorites.

Mangga Golek

Sedikit jarang ditemui, tapi kalau lagi banyak sih pasti dapat. Buahnya sedikit berujung runcing. Rasanya manis.

Mangga Manalagi

Ini adalah buah perpaduan antara mangga manis dan golek. Jadinya punya rasa yang sangat segar dan tentunya manis.

Mangga Indramayu

Ini adalah mangga lokal yang banyak dibudidayakan di daerah indramayu/ Aromanya sangat menyengat. Hanya saja sedikit lebih berserat buahnya.

Mangga Gedong Gincu

Bentuk mangga ini beda yaitu bulat. Gak hanya itu, warna mangga ini kalau matang juga berbeda yaitu sedikit kuning dan kemerahan. Untuk rasa, tentu saja manis.

Avocado Mango

Ini adalah varian terbaru yang diluncurkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian. Kali varietas baru tersebut dari jenis buah mangga. Yakni Agri Gardina-45 dan Avocado Mango -21. Kedua mangga varietas baru ini memiliki karakter yang cukup unik, yakni Agri Gardina mampu dikupas seperti pisang sementara Avocado Mango mampu dibuka seperti buah alpukat. Sebagaimana diberitakan ANTARA, dua varietas mangga tersebut dilakukan di Kebun Percobaan (KP) Cukur Gondang, Pasuruan, Jawa Timur pada 3-5 November yang lalu. Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Balitbangtan Dr. Hardiyanto menjelaskan bahwa varietas Agri Gardina merupakan varietas hasil persilangan antara Arumanis-143 dengan mangga Saigon. Hasilnya adalah mangga yang berukuran kecil, berwarna kuning kemerahan, harum, manis dan cara makannya dapat dikupas seperti pisang. Sementara varietas Avocado Mango ternyata cara memakannya bisa seperti alpukat. Yakni diiris bagian tengah kemudian diputar dan biji akan tertinggal ditengah. Buah ini memiliki ukuran besar, warnanya hijau segar serta berasa manis dan pulen.

Komentar

Fresh