Rahasia kabur para nyamuk | OPINI.id

The Great Escape of Mosquito: Makhluk hidup satu ini adalah penganggu manusia. Soalnya, kita baru akan merasakan gatal setelah mereka berhasil menghisap darah.

Saat mengetahui hal ini, kita pun merespon untuk segera memukulnya. Namun sayang, sang nyamuk selalu berhasil lolos. Ternyata ini rahasianya.

Nyamuk punya cara ciamik lepas landas

Menurut perhitungan peneliti, sekitar 61 persen kekuatan lepas landas nyamuk berasal dari sayapnya. Seperti diketahui, nyamuk sebagian besar saat lepas landas menggunakan sayangnya dan mendorong kaki mereka dengan sangat,sangat ringan.

Mampu bermanuver cepat

Nyamuk-nyamuk penghisap darah ini sangat cepat bermanuver. Apalagi saat akan dipukul oleh manusia. Tak heran, jika banyak nyamuk yang lolos dari maut setelah kenyang menghisap darah.

Punya sayap yang super cepat

Bersamaan dengan profesor biologi integratif UC Berkeley, Robert Dudley dan Mimi Koehl, Chang menemukan nyamuk mulai menggerakan sayap mereka 30 milidetik sebelum lepas landas.

Mereka mengepakkan sayap mereka dengan cepat, sebanyak 600 kali per detik, ketika sebagian besar serangga lain seukurannya biasanya akan mengepakkan sayapnya sekitar 200 kali.

Angka tersebut juga tiga kali lebih cepat daripada kecepatan kepakan sayap serangga dengan ukuran serupa. Gak heran kalau frekuensi kepakan nyamuk ini suka mendengung ditelinga manusia dan sangat menganggu sekali.

Komentar

Fresh