Kelakuan Nyebelin Pengguna Sepeda Motor | OPINI.id

Jalan raya selalu padat dilalui oleh berbagai macam kendaraan bermotor, apalagi di jam sibuk dan pulang kantor.

Namun terkadang selalu saja ada pengguna kendaraan bermotor yang bertingkah menyebalkan, umumnya pelakunya adalah pengendara sepeda motor,

Berikut beberapa kelakuan nyebelin yang sering dilakukan oleh pengendara motor:

Tidak Memakai Helm

Tidak memakai helm adalah jenis pelanggaran yang sering dilakukan oleh pengendara sepeda motor. Umumnya hal ini dianggap remeh dan sepele oleh pengendara sepeda motor.

Melawan Arah

"Ah males, muternya kejauhan." Kalimat semacam itu selalu menjadi kalimat pembelaan bagi pengendara motor yang melakukan lawan arah. Kadang kelakuan seperti itu yang membuat jalanan yang sudah macet menjadi makin macet karena jalur diserobot para pengendara yang melawan arah.

Terobos Jalur Trans Jakarta

Trans Jakarta diberikan jalur khusus (busway) agar pengguna moda transportasi massal ini dapat terhindar dari macet berlebihan ketika jam sibuk dan pulang kantor. Namun nyatanya masih ada (banyak) pengguna sepeda motor (dan kadang mobil) yang masuk jalur busway. Sehingga Trans Jakarta pun ikut mengalami kemacetan yang sama.

Memainkan Ponsel Saat Berkendara

Salah satu penyebab kecelakaan pengguna sepeda motor dikarenakan si pengendara memainkan ponsel dengan tangan kirinya. Biasanya karena membalas pesan tapi tidak mau berhenti terlebih dahulu. Hal ini menyebabkan fokus pengendara terpecah antara melihat layar ponsel atau melihat jalan.

Membawa Lebih Dari 1 Penumpang

Sejatinya sepeda motor hanya boleh membawa 1 penumpang, mungkin + 1 anak kecil di depan. Hal tersebut mungkin masih bisa dimaafkan. Namun apabila 1 sepeda motor dinaiki oleh 2 orang lebih. Rasa keamanan dalam berkendara sudah lagi tidak ada.

Komentar

Fresh