Royal Wedding Cikeas vs Solo | OPINI.id

Royal Wedding di Indonesia terlihat dari meriahnya pernikahan anak Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, peristiwa langka ini juga digelar. Yakni pada pernikahan Agus Yudhoyono dan Edhi Baskoro Yudhoyono.

Dan di masa pemerintahan Joko Widodo juga melakukan hal yang sama, dengan menikahkan dua anak mereka. Yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu. Lalu seperti apa perbedaan pernikahan dari anak ke dua para Presiden Indonesia ini,

1. Dari Sisi Adat

Kalau dari pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dengan Siti Rubi Aliya Rajasa (Aliya), adat yang digunakan adalah Palembang. Sedangkan pernikahan Kahiyang dan Bobby Nasution, menggunakan adat Jawa Klasik.

2. Saksi

Boediono dan Amien Rais waktu itu hadir di pernikahan Ibas dan Aliya sebagai saksi. JK juga hadir sebagai saksi di pernikahan Kahiyang dan Bobby.

3. Pesta dan Pengamanan

Gunjing berita kemewahan pernikahan Kahiyang di Solo, padahal pada tanggal 24 November 2011, pernikahan Ibas dan Aliya diadakan di Istana Cipanas dengan pengamanan 3.000 personel aparat.

Sedangkan Kahiyang menikah di Graha Saba Buana pada 8 November2017 dengan personel 1.155 aparat keamanan dan tamu undangan yang hadir. Tapi tetap saja dinyinyirin.

Komentar

Fresh