Tips Ngerawat Sneakers Tanpa Ribet | OPINI.id

Bisa dibilang, mencuci sneakers itu gampang-gampang susah. Di satu sisi, rasanya mesti banget ngebersihin sepatu yang kotor. Di sisi lain, sifat mageran terkadang bikin sneakerhead jadi malas mencuci sneakers mereka. Soalnya, mencuci sepatu juga termasuk kegiatan yang cukup membuang waktu.

Buat yang termasuk golongan sneakerhead mageran, lo enggak perlu khawatir lagi. Sebenarnya, ada, kok, cara bikin sneakers kesayangan lo tetap bersih dan kinclong tanpa harus mencucinya.

1. Pencegahan Itu Penting!

Ada cara mudah yang bikin lo enggak perlu khawatir sneakers lo kotor, yaitu dengan nyemprotin cairan penolak debu dan air. Sesuai namanya, semprotan ini berfungsi mencegah sepatu lo terkena kotoran, kayak debu atau kotoran berbasis cairan, seperti minyak dan bekas makanan. Semprotan ini juga bisa menolak air yang bikin lo enggak perlu khawatir saat hujan atau berjalan di atas becekan. Lo bisa memilih beragam merek, antara ScotchGuard buat sneakers biasa atau Jason Markk buat sneakers kesayangan lo.

2. Ngelap Setelah Memakainya

Cara ini bisa jadi solusi buat lo yang malas mencuci sepatu. Pastiin lo ngelap sepatu lo setelah memakainya. Hal ini berfungsi mencegah debu nempel di sneakers. Lo bisa pakai kain bertekstur lembut buat sneakers berbahan kulit atau spons buat bagian outsole.

3. Ganti Atau Cuci Tali

Meski terkesan sepele, kondisi tali sepatu lo itu bisa memengaruhi kebersihan sneakers lo secara keseluruhan. Percuma kalau sneakers lo bersih, tapi talinya tetap kotor dan enggak pernah lo bersihin. Hal ini khususnya berlaku buat tali sepatu berwarna putih. Lo bisa bersihin dengan mencucinya di air hangat. Kalau enggak mau repot, lo bisa beli tali sepatu baru. Saran Viki, sih, lo beli tali sepatu dengan bahan selain kain yang gampang banget kotor.

4. Gunakan Pasta Gigi

Cara ini berlaku buat sneakers dengan sol berwarna putih. Masalah yang sering dialami pada sneakers putih adalah yellowing alias perubahan sneakers jadi warna kuning. Nah, kalau enggak mau repot-repot ngecat ulang atau beli spidol khusus yang harganya mahal, lo bisa mencoba bikin sneakers lo jadi putih lagi dengan pasta gigi. Caranya dimulai dari ambil sikat gigi lama lo dan olesin pasta gigi. Lalu, celupin ke air dan mulailah sikat bagian sol.

5. Simpan Di Boks

Salah satu cara pencegahan lainnya adalah menyimpan sneakers lo di boks. Soalnya, sneakers lo dipastiin bakal lebih kotor akibat debu yang nempel ketika lo menyimpannya di dalam atau pun luar ruangan. Lo juga enggak perlu beli boks khusus. Pakai aja boks asli sneakers lo dan kasih kamper biar udara di dalamnya enggak lembap.

6. Siapin Baking Soda

Sebenarnya, baking soda punya fungsi yang sama kayak kamper. Selain bikin sepatu lo enggak bau, baking soda bisa bikin kelembapan sneakers lo terjaga. Bahkan, potensi yellowing akibat debu atau kotoran lainnya pun jadi berkurang.

7. Gunakan Sampo Bayi

Mungkin lo pernah ngerasain pengalaman pahit sneakers kesayangan lo jadi terlihat jelek gara-gara ada noda bekas minyak. Lebih buruknya lagi, noda kayak ini enggak bisa hilang dengan mudah. Nah, solusi dari masalah ini gampang, kok! Lo cuma butuh sampo bayi dan kain basah. Cara mencucinya juga bergantung seberapa parah noda minyak yang nempel. Kalau enggak terlalu parah, lo bisa menghapusnya dengan kain basah. Jika nodanya parah, gunain sikat gigi bekas.

8. Selalu Sedia Tisu Basah

Tisu basah bisa dibilang jadi P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan) buat sneakers. Di dalam situasi darurat, misalnya, saat sepatu lo ketumpahan minyak atau noda lainnya, tisu basah cukup baik buat menghapus noda. Kalau lo berada dalam situasi ini dan punya tisu basah, jangan nunda buat bersihin langsung sneakers lo, ya. Soalnya, semakin lama noda tersebut nempel, lo bakal makin susah buat menghilangkannya.

9. Kutek Buat Menutup Goresan

Kutek ternyata enggak berfungsi buat hiasannya cewek doang. Buat cowok yang sneakerhead, kutek juga bisa jadi senjata rahasia biar sneakers tetap kinclong. Kutek, khususnya yang berwarna putih, punya fungsi nutup goresan yang terdapat pada sol.

10. Bawa Sepatu/Sandal Cadangan

Cara ini bakal ngebantu banget buat lo yang rela repot ngelakuin apa pun agar sneakers lo tetap terlihat bersih dan kinclong. Bawa sepatu atau sandal cadangan biar lo bisa mengganti sneakers lo di saat darurat, misalkan saat hujan atau pun setelah hujan. Tujuannya adalah mencegah sneakers lo dari basah dan kotoran. Hal ini bakal ampuh banget kalau dilakuin di Indonesia yang cuacanya enggak pernah pasti. Jangan lupa juga bawa plastik buat nyimpan sepatu lo biar enggak basah gara-gara becek.

Komentar

Fresh