Hati-hati pakai kipas angin guys! | OPINI.id

Tidur memang paling nikmat di udara yang sejuk, apalagi pakai kipas angin. Tapi ternyata, kipas angin juga menyimpan bahaya loh!

Kipas angin habiskan cairan tubuh

Tubuh kita membutuhkan asupan air atau cairan. Jika cairan yang ada di dalam tubuh berkurang, maka akan membahayakan tubuh. Seperti dilansir halosehat.com, dr. Wendra Ali, ahli syaraf mengatakan ruangan dingin bisa membuat tubuh kita kekurangan air.

Dengan kata lain jika kipas angin di arahkan langsung ke bagian tubuh kita makan akan menurunkan suhu tubuh. Hal itu akan menyebabkan berkurangnya cairan tubuh.

Bikin kulit kering

Ternyata masalah ini bukan hanya terjadi di ruangan ber-AC, tapi juga bila kamu memakai kipas angin. Saat tubuhmu diterpa oleh angin dari kipas secara terus menerus dan dari arah yang sama akan menyebabkan kulitmu kering. Hal tersebut terjadi karena kulit sejatinya membutuhkan kandungan air dalam darah yang terus mengalir di tubuh.

Penyebab masalah pernapasan

Kipas angin yang jarang dibersihkan ditambah ruangan berdebu hanya akan menjadi masalah. Pasalnya, kita bisa kena masalah dari terpaan angin dari kipas. Kamu bisa menghirup debu dan bakteri.

Bisa menyebabkan kematian

Di Thailand ada seorang pria yang meninggal karena tidur dengan tiga kipas angin. Diberitakan media Thailand The Nation, Minggu (6/11), tubuh Sobthawee Boonkua ditemukan di rumah kerabatnya di Tambon Nai Muang, provinsi Chaiyaphum pada Kamis malam pekan lalu.

Berdasarkan hasil pemeriksaan forensik, Sobthawee meninggal dunia karena hipotermia atau radang dingin. Tubuhnya terkejut dan tidak mampu menyesuaikan dengan suhu udara yang anjlok dengan sangat cepat.

Komentar

Fresh