Mengapa Anak Terlambat Bicara? | OPINI.id

Umumnya saat Si Kecil sudah bisa mengucapkan beberapa kata seperti mama, papa, bunda, ayah, ketika memasuki usia 1,5 - 2 tahun.

Ketika Si Kecil mengucapkan potongan kata tertentu, dia terlihat menggemaskan bukan?

Namun pada beberapa bayi, proses terlambat bicara bisa dialami.

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi alasan mengapa Si Kecil mengalami keterlambatan bicara:

Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran dapat menyebabkan Si Kecil kesulitan untuk menangkap bunyi dan membedakan pelafalan suara. Sehingga sulit bagi Si Kecil untuk memahami, meniru, dan menggunakan bahasa. Gangguan pendengaran pada Si Kecil dapat disebabkan oleh terjadinya infeksi pada telinga.

Gangguan Otak

Keterlambatan bicara juga dapat disebabkan adanya gangguan pada bagian oral motor di otak, sehingga menyulitkan Si Kecil dalam menggerakkan bibir, lidah,dan rahang untuk menghasilkan suara.

Kurangnya Komunikasi

Apabila Ibu jarang mengajak bicara Si Kecil atau sering bermain sendiri dengan mainan tanpa adanya komunikasi, hal tersebut dapat membuat Si Kecil mengalami keterlambatan bicara. Hal ini terjadi karena Si Kecil sedikit mendapatkan kosakata.

Gangguan Neurologis

Gangguan Neurologis pada Si Kecil seperti Celebral Palsy, Distrofi otot, atau cedera otot dapat mempengaruhi otot-otot yang digunakan untuk berbicara sehingga Si Kecil mengalami kendala ketika ingin berbicara.

Komentar

Fresh