Pesepakbola jadi koruptor | OPINI.id

Siapa bilang korupsi hanya sering dilakukan dikalangan pejabat, buktinya ada beberapa daftar nama pemain sepakbola yang dianggap terkorup sepanjang masa.

Paolo Rossi Italia

Sebelum skandal Calciopoli mengguncang Italia di tahun 2006, pengaturan skor sudah terjadi di negara tersebut semenjak tahun 80an, dengan skandal Totonero menimpa pertandingan-pertandingan di Serie A dan Serie B di tahun 1980.

Hampir 7 klub diberi hukuman termasuk klub seperti Milan dan Lazio. Tidak hanya klub, tapi juga ada individu. Dan individu yang paling menonjol saat itu adalah Paolo Rossi.

Bruce Grobbelaar, Liverpool

Bruce Grobbelaar tak diragukan lagi sebagai kiper terbaik yang pernah bermain untuk Liverpool. Ia membuat 628 penampilan untuk The Reds dan memenangkan 6 juara liga, 3 piala FA, 3 Piala Liga, 1 European Cup, dan 1 UEFA Super Eropa. Di tahun 1994, ketika ia bermain untuk Southampton, koran inggris.

The Sun menuduhnya melakukan pengaturan pertandingan selama ia berada di Liverpool dalam sebuah perjudian yang kontroversial. Dia tertanklap kamera menerima uang untuk sengaja bermain buruk di pertandingan.

Grobbelaar mengelak dari tuduhan suap. Ia menyerahkan bukti-bukti ke polisi.Alhasil,dia dinyatakan bersalah karena ketidakjujurannya.

Giuseppe Signori

Giuseppe Beppe Signori adalah salah satu pesepakbola yang dikenal dengan kekuatan kaki kirinya. Dirinya, bersama dengan Sinisa Mihajlovic, adalah satu dari dua pemain yang mencetak hattrick dari free kicks di serie A.

Setelah pensiun, ia ditangkap karena keterlibatannya pada pengaturan pertandingan (match fixing) yang dikenal dengan skandal calcioscommesse.

Komentar

Fresh