ORANG INDONESIA LEBIH SUKA BAHASA ASING | OPINI.id

Ini salah satu bukti kalau orang Indonesia lebih suka merek berbahasa asing, padahal produksi lokal lho .. GILA gak!!!???

Pepaya California besutan IPB

Banyak orang yang sudah kenal pepaya California. Nama California sudah cukup mengundang orang untuk mambeli, apalagi ditambah pepaya ini berkualitas bagus. Padahal, pepaya California ini adalah pepaya lokal hasil kembangan IPB (Institut Pertanian Bogor). Namanya Pepaya Calina IPB 9. Namun pedagang Indonesia menangkap ‘selera impor’ konsumen Indonesia. Maka diubahlah namanya menjadi Pepaya California.

Masih suka pepaya california??

Menurut Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Herry Suhardiyanto, “Kita dulu kembangkan Pepaya Calina IPB 9. Namanya Pepaya Calina, tapi orang sebutnya Pepaya california. Padahal di California (Amerika Serikat) belum tentu ada pepaya. Aslinya Calina, disebutnya California. Kita harus concern bahwa buah lokal juga bagus.” Satu lagi, pisang Cavendish merek Sunpride. Beda halnya dengan Pepaya ‘California’, pisang Cavendish memang salah satu jenis pisang yang terkenal di dunia. Namun tidak disangka bahwa pisang Cavendish merek sunpride bukanlah produk impor. Pisang Cavendish ini diproduksi oleh Sewu Segar Nusantara (SSN) salah satu grup Gunung Sewu. Selain pisang, SSN juga mengembangkan jenis buah lain. Buah yang sekarang sedang naik daun di pasar adalah pepaya Hawaii. Jadi… masih silau dengan merek asing?! setelah tahu masih tetep suka pepaya california??

Komentar

Fresh