5 Festival Wajib Dikunjungi di Indonesia | OPINI.id

Indonesia terkenal dengan potensi pariwisata alam yang indah. Namun, tak hanya itu, Indonesia juga memiliki segudang festival kebudayaan yang tak kalah menarik. Apa saja? Simak infonya berikut.

1. Makassar International Eight Forum and Festival (F8)

Mengapa festival yang satu ini tidak boleh dilewatkan? Karena ini merupakan festival tahunan Makassar ini telah masuk agenda internasional resmi Indonesia. Festival yang digagas oleh Wali Kota Makassar, Danny Pomanto ini menyuguhkan festival water front terbaik di dunia. Festival ini diadakan di sepanjang Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan. F8 sendiri menampilkan 8 Festival Kolosal yang penuh sensasi, yaitu fashion, film, folk, flora & fauna, fine art, fussion music, fiction writer dan font. Festival tahunan ini dihadiri tamu-tamu perwakilan negara-negara sahabat serta turis-turis domestik dan mancanegara juga lho. Bahkan F8 tahun 2017 ini menampilkan 10 ikon kuliner yang dibalut dengan 1.000 pertunjukan musik, 10.000 atraksi budaya serta 100.000 pagelaran seni dan pertunjukan. Luar biasa bukan?

2. Ijen Fest

Ijen Festival merupakan sebuah rangkaian event tahunan yang menyuguhkan event bertaraf internasional. Sedikitnya ada 18 agenda kegiatan yang diadakan dalam rangka untuk mempromosikan potensi wisata dan keindahan alam pegunungan Ijen kepada masyarakat. Ada beberapa event yang rutin digelar setiap tahun, namun ada beberapa kegiatan baru yang akan dilaksanakan. Berbagai kegiatan yang ada dalam event ini adalah Road To Ijen, Ijen Gravity Mountain Bike, Ijen International Trail Running, Festival Layang-layang, Festival Kopi Nusantara, Jazz De Ijen, Ijen Flying Fest.

3. Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival (DCF) merupakan Festival Budaya dengan konsep sinergi antara unsur budaya masyarakat, potensi dan wisata alam dieng. Acara rutin tahunan yang sudah diselenggarakan sejak 2010 ini akan menyuguhkan para pengunjung akan kesakralan budaya peradaban kuno masyarakat Dieng yang dikemas dengan hiburan musik jazz dari bintang tamu, dan juga keindahan alam khas negeri di atas awan. Selain karena tiketnya yang murah, DCF ini menyuguhkan berbagai kenikmatan indahnya negeri di atas awan ini. Para pemegang tiket DCF juga dapat masuk secara gratis ke lokasi Kawah Sikidang, Telaga Warna & Kawasan Candi Arjuna yang menyuguhkan keindahan alamnya. dengan udara sejuk di dataran tinggi yang tingginya lebih dari 2.000 mdpl ini. Hampir semua orang akan menikmati kesejukkan udara pegunungan yang segar dan dingin ini dengan rangkaian acara kebudayaan yang diselenggarakan.

4. Festival Ogoh-Ogoh Bali

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan dari Bali adalah pawai ogoh-ogoh. Pawai ogoh-ogoh yang digelar di sejumlah desa wisata di Bali. Pawai ini digelar untuk menyambut Nyepi. Kemeriahannya bahkan tidak dapat terelakkan dari ribuan turis asing dan domestik. Ogoh-ogoh merupakan boneka atau patung beraneka rupa yang menjadi simbolisasi unsur negatif, sifat buruk, dan kejahatan yang ada di sekeliling kehidupan manusia. Boneka tersebut dahulu terbuat dari kerangka bambu yang dilapisi kertas namun kini banyak juga yang menggunakan styrofoam. Ogoh-ogoh beragam rupa, seperti babi, garuda, setan wanita, dan rupa lainnya. Ogoh-ogoh yang besar itu diarak oleh beberapa orang, sehingga pawai ini meriah sekali. Acara ini dilangsungkan sebagai pertunjukan sebagai promosi desa seni dan budaya dan ini merupakan momen setahun sekali jadi sayang untuk dilewatkan.

5. Jember Fashion Carnaval

Jember Fashion Carnaval adalah sebuah karnaval tahunan kebanggaan Indonesia. Jember Fashion Carnaval atau JFC adalah acara yang digelar untuk menunjukkan ragam keindahan budaya Indonesia yang disematkan pada pertunjukkan fashion berbentuk karnaval. Acara tahunan yang sudah berlangsung sebanyak 16 kali ini penuh kemeriahan. Bagaimana tidak? Dalam JFC kita disuguhkan para model mengenakan kostum yang spektakuler. Kostum-kostum yang dipamerkan pada ajang JFC akan memikat siapa pun yang menyaksikannya secara langsung. Kita akan dibuat terpana melihat kemeriahan dan detil seni yang diperlihatkan dengan indahnya.

quote-mark

Bagaimana? Tertarik untuk ikut mengikuti festival-festival tersebut? Dijamin memuaskan deh.

Komentar

Fresh