Mengenal Tokoh Sumpah Pemuda | OPINI.id

Kongres Pemuda merupakan tonggak awal dari persatuan yang membentuk Indonesia. Perwakilan pemuda pemudi yang berasal dari berbagai daerah di penjuru nusantara mengikrarkan dirinya sebagai pemuda pemudi Indonesia. Mereka berkumpul untuk menyatukan tekad bersama. Kongres Pemuda diadakan dua kali dan menghasilkan 3 butir Sumpah Pemuda di kongres kedua. Berikut nama tokoh-tokoh yang berjasa dibalik terselenggara dan terwujudnya Kongres Sumpah Pemuda:

Mohamad Tabrani

Mohamad Tabrani merupakan pencetus dan penggagas Kongres Pemuda pertama di tahun 1926. Kongres Pemuda pertama menjadi awal dari terselenggaranya Kongres Pemuda kedua yang lebih besar. Tanpa adanya Kongres Pemuda pertama, Kongres Pemuda kedua yang menghasilkan Sumpah Pemuda tidak akan pernah terjadi.

Muhammad Yamin

Keberlangsungan Kongres Pemuda tidak dapata dipisahkan dengan Muhammad Yamin. Muhammad Yamin adalah salah satu dari beberapa orang yang terlibat dalam terjadinya Kongres Pemuda pertama dan kedua. Beliau juga yang mendorong bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Soegondo Jojopoespito

Soegondo Jojopoespito merupakan ketua Kongres Pemuda kedua yang menghasilkan butir-butir Sumpah Pemuda. Soegondo Jojopoespito adalah anggota Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia yang sangat aktif, sehingga dia ditunjuk oleh para pemuda sebagai Ketua Kongres Pemuda kedua, karena Mohamad Tabrani yang mengetuai Kongres Pemuda pertama sedang tidak berada di Indonesia pada saat itu.

Soenario Sastrowardoyo

Kakek dari idola sejuta pria, Dian Sastrowardoyo, ini merupakan penasihat panitia Kongres Pemuda kedua. Dia berperan penting dalam memberikan masukan kepada ketua dan wakil ketua Kongres Pemuda untuk mengambil keputusan.

Wage Rudolf Supratman

Wage Rudolf Supratman atau biasa dikenal dengan WR. Supratman merupakan pencipta lagu Indonesia Raya. Dia pertama kali memperdengarkan lagu tersebut secara instrumental menggunakan biola pada Kongres Sumpah Pemuda kedua. Lagu Indonesia Raya kemudian ditetapkan menjadi lagu kebangsaan.

Sie Kong Liong

Sie Kong Liong merupakan tokoh pemuda dari keturunan tionghoa merupakan pemilik pemondokan tempat berlangsungnya Kongres Pemuda yang kedua. Dia mempersilakan kediamannya untuk dijadikan tempat dibangunnya tonggak persatuan di bumi pertiwi.

Johannes Leimena

Johannes Leimena merupakan salah satu anggota panitia Kongres Pemuda kedua. Dia merupakan ketua dari organisasi pemuda dari Ambon (Jong Ambon). Keberadaannya mewakili pemuda pemudi dari Indonesia Timur yang mengikrarkan dirinya sebagai bagian dari pemuda pemudi Indonesia.

Amir Syarifuddin Harahap

Amir Syarifuddin Harahap merupakan tokoh pemuda yang mewakili organisasi pemuda Jong Batak Bond.

R.C.I. Sendoek

R.C.I. Sendoek merupakan salah satu anggota Kongres Pemuda kedua yang menjabat posisi sebagai pembantu 3. R.C.I. Sendoek merupakan perwakilan dari organisasi pemuda Jong Celebes.

R.M. Djoko Marsaid

R.M. Djoko Marsaid menjabat sebagai Wakil Ketua Kongres Pemuda kedua. Keberadaan R.M. Djoko Marsaid merupakan perwakilan dari Organisasi Pemuda Jong Java.

Johan Mohammad Cai

Johan Mohammad Cai merupakan salah satu anggota Kongres Pemuda kedua. Dia menjabat sebagai Pembantu 1. Johan Mohammad Cai merupakan perwakilan dan Jong Islamieten Bond.

Mohammad Rochjani Su'ud

Mohammad Rochjani Su'ud mengisi jabatan Pembantu 5 ketika Kongres Pemuda kedua berlangsung. Mohammad Rochjani Su'ud merupakan perwakilan dari organisasi Pemoeda Kaoem Betawi.

Komentar

Fresh