Daftar Wakil Presiden Indonesia | OPINI.id

Selama ini umumnya masyarakat hanya mengetahui siapa-siapa saja yang pernah menjadi Presiden di Indonesia. Namun tidak banyak yang mengetahui siapa-siapa saja yang pernah menjadi Wakil Presiden. Berikut daftar lengkap siapa-siapa saja yang pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia dari awal hingga sekarang:

Mohammad Hatta

Mohammad Hatta merupakan Wakil Presiden pertama RI yang menjabat dari tahun 1945 - 1956. Hatta diangkat menjadi Wakil Presiden secara aklamasi oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945.

Hamengkubuwono IX

Hamengkubuwono IX merupakan Wakil Presiden kedua RI. Dia menjabat dari tahun 1973 - 1978 setelah sebelumnya posisi Wakil Presiden sempat kosong pada periode 1956 - 1973.

Adam Malik

Orang yang menjabat sebagai Wakil Presiden ketiga ialah Adam Malik. Dia menjabat pada tahun 1978 - 1983. Adam Malik merupakan orang pertama dan satu-satunya dari Indonesia yang pernah memimpin Sidang Majelis Umum PBB pada tahun 1971.

Umar Wirahadikusumah

Umar Wirahadikusumah menjadi Wakil Presiden keempat dan yang pertama dari kalangan militer. Jabatan terakhi Umar Wirahadikusumah di TNI sebelum pensiun adalah mantan Kepala Staf Angkatan Darat. Setelah pensiun dia menjabat sebagai kepala BPK sebelum dilantik menjadi Wakil Presiden yang menggantikan Adam Malik.

Soedharmono

Orang kelima yang naik jabatan menjadi Wakil Presiden adalah Soedharmono. Dia menjabat dari tahun 1988 - 1993.

Tri Sutrisno

Tri Sutrisno merupakan Wakil Presiden RI keenam. Beliau mengisi posisi tersbeut menggantikan Soedhamono. Tri Sutrisno menjabat selama 5 tahun pada periode 1993 - 1998.

Bacharuddin Jusuf Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang biasa dikenal sebagai BJ Habibie merupakan Wakil Presiden RI yang ketujuh. Habibie menjabat sebagai Wakil Presiden di tengah situasi politik RI yang memanas. Habibie hanya menjabat sebagai Wakil Presiden selama 3 bulan karena tumbangnya rezim Soeharto di bulan Mei 1998. Setelah Soeharto turun jabatn, Habibie mengambil alih posisi sebagai Presiden dan memimpin RI sebagai Presiden untuk melewati krisis moneter dan politik hingga tahun 1999.

Megawati Soekarnoputri

Pasca tumbangnya Soeharto yang disebut dengan era Reformasi, Habibie mengambil tanggungjawab sebagai Presiden hingga pemilu berikutnya di tahun 1999. Hasil Pemilu tahun 1999 menetapkan orang yang menggantikan Habibie adalah Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gusdur dan Wakilnya Megawati Soekarnoputri. Megawati merupakan putri dari Sang Proklamator dan menjadi salah satu dari beberapa orang yang mendorong terjadinya Reformasi. Megawati orang kedelapan yang menjadi Wakil Presiden RI.

Hamzah Haz

Situasi politik Indonesia kembali memanas di tahun 2001. Oleh MPR, Abdurrahman Wahid diturunkan jabatannya dari Presiden. Kemudian Megawati naik jabatan menggantikan pendahulunya. Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Megawati, MPR memutuskan untuk mengangkat Hamzah Haz sebagai Wakil Presiden RI yang kesembilan. Hamzah Haz hanya 3 tahun menjabat sebagai Wakil Presiden dari tahun 2001-2004.

Muhammad Jusuf Kalla

Muhammad Jusuf Kalla merupakan satu-satunya orang yang menjadi Wakil Presiden sebanyak 2 kali dengan periode yang berbeda. Jusuf Kalla menjadi orang kesepuluh yang menjadi Wakil Presiden pada tahun 2004 2009. Saat itu dia menjadi wakil dari Susilo Bambang Yudhoyono yang menjabat sebagai Presiden. Kemudian, dia juga menjadi Wakil Presiden RI dari tahun 2014. Dia menjadi wakil dari Joko Widodo yang menjadi Presiden dari tahun 2014 hingga saat ini.

Boediono

Boediono merupakan orang kesebelas yang pernah memangku jabatan Wakil Presiden RI. Boediono menjadi wakil dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menjabat dari tahun 2009 - 2014.

Komentar

Fresh