Mitos 7 Kerajaan Gaib di Indonesia | OPINI.id

Masyarakat Indonesia kerap mempercayai hal-hal berbau mitos atau legenda yang melekat pada suatu tempat. Diantaranya adalah adanya kerajaan ghaib yang konon letaknya ada di beberapa wilayah Indonesia. Kepercayaan pada mitos atau legenda ini biasanya disampaikan secara turun temurun dari para leluhur di setiap daerah dengan beragam cerita.

1. Kerajaan Gaib Laut Selatan

Keberadaan ratu pantai selatan dan kerajaannya adalah mitos yang masa kini masih banyak diperbincangkan dan menuai kontroversi. Ada beberapa versi yang menceritakan tentang penguasa kerajaan gaib dipantai selatan ini. Yang paling popular adalah versi ratu nilakendra, disebutkan kerajaan ghaib di pantai selatan ini adalah sebuah kerajaan yang dipimpin ratu nilakendra yang merupakan permainsuri dari prabu siliwangi setelah kerajaan pajajaran takluk oleh kesultanan Banten ia tak mau mengikuti jejak suaminya untuk percaya kepada Tuhan dan memilih lari lalu menceburkan diri ke laut. Namun karena berilmu tinggi ia tak mati, ia malah melakukan ritual mekso, sebuah ritual mengubah diri menjadi makhluk gaib, kala itu Ratu Nilakendra sedang mengandung dan kemudian melahirkan 2 putri kembar bernama Nyi Nilamsari dan Nyi Rantamsari. Nyi Nilamsari menguasai pantai selatan Jawa bagian tengah dengan sebutan Nyi Roro Kidul dan Nyi Rantamsari menguasai pantai utara Jawa dengn sebutan Dewi Lanjar. Kabarnya telah banyak hal-hal mistis yang di kaitkan dengan kerajaan ghaib laut selatan ini seperti pantangan menggunakan baju hijau di pantai selatan atau penampakan ratu dengan kereta kencananya. Kemunculan sang ratu kerap ditemui di banyak tempat di laut selatan.

2. Kerajaan Gaib Alas Purwo

Alas Purwo di Banyuwangi, merupakan salah satu taman nasional terbesar di indonesia yang menampung ribuan flora dan fauna di pulau Jawa. Selain dikenal dengan cagar alam yang indah. Alas Purwo juga dikenal dengan hutan terangker dan menjadi misteri yang tak terpecahkan hingga saat ini. Penduduk setempat percaya bahwa ditempat ini tempat berkumpulnya jin seantero Nusantara. Konon sejak sebelum masa penjajahan tidak ada satu orang manusia pun yang bisa pulang dengan selamat ketika memasuki Alas Purwo. bahkan manusia yang meninggal di tempat ini tidak bisa ditemukan jasadnya. bagi yang bisa keluar dengan selamat dari tempat ini maka akan mendapatkan musibah dan kecelakaan. Disebabkan mitos gaib yang melegenda, banyak orang datang kesini untuk menimba ilmu gaib dan bertapa disini. Lebih dari 40 goa terdapat di tempat ini. dan hampir semuanya dihampiri orang untuk melakukan pertapaan.

3. Kerajaan Gaib Gunung Merapi

Dipercaya di dalam gunung tersebut terdapat kerajaan ghaib yang memiliki pemimpin bernama eyang Merapi. Dahulu kala, kerajaan ghaib ini dipercaya membantu kerajaan Mataram dalam memenangkan perang dengan kerajaan Pajang sehingga berhasil menghancurkan sebagian pasukan Pajang dengan menghujani abu vulkanik dari gunung Merapi. Banyak tempat yang menjadi tempat keramat dan dipercaya sebagai tempat aktifitas kerajaan ghaib ini, seperti gerbang utama menuju keraton Merapi yang berada di gunung Wutoh dengan penjaga gunung yang setia yakni Nyai Gadung Melati yang melindungi gerbang dan daerah sekitarnya termasuk tanaman dan hewan di dalamnya. Kemudian ada daerah batuan dibawah puncak merapi yang merupakan letak pasar Bubrah. Ada juga hutan gamelan dan bingungan, serta hutan pijen dan blumbang.

4. Kerajaan Gaib Pulomas

Di alam manusia, Pulomas hanya berupa rawa-rawa yang bersisian dengan muara Laut Jawa, persisnya berada di Kampung Pulomas, Desa Centigi Sawah, Kecamatan Centigi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Di atas rawa-rawa seluas puluhan hektare itu, menurut terawangan gaib, berdiri kompleks istana dengan bahan terbuat dari emas murni. Kerajaan dengan keraton sangat megah itu sampai saat ini dipimpin oleh sesosok raja jin sangat sakti bergelar Raden Werdinata, dengan Mahapatihnya yang juga cukup tersohor yakni Mahapatih Jongkara. Sang raja juga dibantu Panglima Perang bergelar Panglima Kalasrenggi. Menurut juru kunci Kampung Pulomas, Wak Cartim, dibandingkan raja-raja lain yang menguasai alam gaib, Raja Pulomas tergolong paling tinggi ilmu kadigdayaannya. Alam gaib terbagi dua wilayah, yakni wilayah atas bumi dan di bawah laut. Alam gaib bawah laut dikuasai Nyi Ratu Roro Kidul untuk wilayah Pantai Selatan, sedangkan Pantai Utara dikuasai Nyi Ratu Nawangwulan.

5. Kerajaan Gaib Uwentira

Keberadaan kerajaan jin terbesar ini dipercaya oleh masyarakat Sulawesi Tengah. Terletak di daerah kebun kopi dikawasan hutan belantara yang terletak di antara kota Palu dan kabupaten Parigil Mutong. Jika mengunjungi tempat ini akan menemukan tugu berwarna kuning, masyarakat percaya bahwa ditempat inilah berdiri gerbang gaib menuju Uwentira. Uwentira adalah kerajaan jin berbalut warna kuning keemasan yang indah. Tidak banyak diketahui siapa yang memimpin kerajaan gaib ini. Namun banyak yang bercerita pemimpin kerajaan ini adalah raja yang memiliki 7 panglima perang yang masing-masing memiliki bala tentara yang banyaknya bisa menutupi seluruh lautan Indonesia.

6. Kerajaan Gaib Paloh

Paloh adalah kerajan gaib yang terletak di Kalimantan Barat, tepatnya di kecamatan Paloh kabupaten Sambas. Diceritakan kerajaan ini dihuni oleh kaum bunian dan dipimpin oleh Raden Sandi yang diketahui memiliki ikatan darah dengan raja-raja terdahulu dari kerajaan Brunei dan kerajaan Sambas. Yaminudin salah satu penjaga kawasan hutan konservasi di Sambas mengatakan kerajaan ini kerap muncul secara tiba-tiba ditengah hutan belantara dan setelah dihampiri kerajaan yang sangat megah ini lantas menghilang begitu saja. Beberapa peristiwa ganjil di Sambas Kalimantan Barat juga sering dikaitkan dengan kerajaan Paloh. Banyak orang menyebutkan bahwa kerajaan ini dipercaya ada namun tidak nampak.

7. Kerajaan Gaib Padang 12

Padang 12 adalah kawasan di daerah Ketapang, Kalimantan Barat, tepatnya di kecamatan Pendawangan dan Pesaguhan. Masyarakat menyebut penghuni kerajaan ini dengan sebutan orang bunian atau orang kebenaran. Padang 12 juga merupakan nama yang diberikan masyarakat sekitar karena lokasi yang banyak terjadi peristiwa-peristiwa aneh dan penuh misteri hanya berada di aera 12 km saja. Kerajaan Padang 12 juga memiliki berbagai cerita mistis yang telah beredar. Hampir semua mengatakan bahwa penghuni kerajaan ini adalah makhluk astral baik yang mengganggu orang jahat dan membantu orang baik. Selain itu cerita-cerita yang berkembang juga mengatakan bahwa orang bunian atau orang kebenaran ini memiliki harta kekayaan yang luar biasa banyaknya.

Sumber:

http://www.mediamaya.net https://vulgarz.com http://archive.itoday.co.id http://www.kejadiananeh.com https://daerah.sindonews.com/ https://lifestyle.okezone.com/

Komentar

Fresh