Ngerasa Susah Kaya? Ini 5 Penyebabnya | OPINI.id

Kamu heran kenapa orang yang kaya bisa makin kaya, sementara kebanyakan orang justru nggak bisa kaya? Robert T. Kiyosaki dalam bukunya Rich Dad Poor Dad menegaskan ada yang salah dengan mindset kita tentang uang sehingga kebanyakan dari kita tidak menjadi kaya. Ia menegaskan kebanyakan dari kita susah untuk kaya karena tidak menciptakan uang dan terus bekerja untuk uang. Dan berikut ini 5 alasan yang bisa kamu renungkan kenapa kamu nggak bisa cepet kaya:

1. Pendapatan Vs Tabungan

Berbeda dengan orang kaya yang fokus pada pendapatan sehingga terus berupaya menciptakan uang supaya menambah pendapatan, kebanyakan dari kamu justru fokus pada tabungan. Kebanyakan dari kamu bekerja sekaras mungkin agar menambah pundi tabungan. Berbeda dengan kamu, orang kaya tidak fokus pada tabungan, mereka memutar uang yang dimiliki untuk menghasilkan pendapatan baru.

2. Tidak Menciptakan Uang

Kebanyakan dari kamu fokus menabung dan deposito yang jelas-jelas menyusutkan uang karena potongan ini-itu hingga inflasi. Bunga tabungan dan deposito jelas-jelas jauh di bawah inflasi. Mindset orang kaya menginvestasikan uang yang dimilikinya karena ingin menciptakan uang. Investasi yang dipilihnya tentu bukan investasi untuk jaminan masa pensiun, tetapi investasi untuk pendapatan seperti reksadana atau saham. Dua investasi ini terbukti mendatangkan pendapatan atau istilah khususnya imbal hasil yang jauh di atas bunga tabungan dan deposito. Apalagi, investasi baik reksadana maupun saham kini kian mudah dan terjangkau melalui aplikasi modern seperti milik IndoPremier. IPOTGO adalah aplikasi keuangan terintegrasi yang memberikan kemudahan pengguna untuk berinvestasi di instrumen reksadana, saham dan ETF sekaligus di dalam satu platform, satu akun, satu bank pembayaran dan satu reporting.

3. Bekerja untuk Uang

Kebanyakan dari kita fokus menjadi pekerja yang bekerja demi upah dan tunjangan yang memberikan ganjaran dalam jangka pendek, tetapi sering lupa mengembangkan kemampuan pribadi atau hobi yang justru bisa mendatangkan pendapatan baru. Dengan kata lain kita tidak memiliki kehidupan bebas keuangan seperti diungkap Joe Hartatnto & Tju Wei Wei dalam bukunya The Key to Financial Freedom. Kehidupan bebas keuangan adalah suatu level kehidupan dimana kita dapat menjalani kehidupan tanpa perlu berpikir dari mana datangnya uang untuk menutup pengeluaran bagi kebutuhan hidup yang kita inginkan.

4. Gampang Menghabiskan Uang

Orang kaya selalu berusaha memutar uangnya biar jadi lebih kaya, berbeda dengan kebayakan dari kita yang cenderung menghabiskan uang biar dikira kaya. Bahkan ada yang mengatakan, orang kaya akan berusaha menemukan seribu cara agar rasa haus untuk menjadi kaya tercapai.

5. Baru Dikit Berlagak Berduit

Banyak dari kita baru berduit dikit udah berlagak berduit sehingga sikir-dikit sudah beli ini-itu. Berbeda dengan orang kaya, seperti Warren Buffet hingga Mark Zuckerberg, mereka justru hidup sederhana. Warren Buffet yang sekaya itu, rumahnya nggak akan semahal yang kamu kira. Mark Zuckerberg pun hidupnya sederhana, tetapi terus menciptakan uang.

6. Tak Punya Target Tinggi

Orang kaya tidak takut memasang target yang benar-benar tinggi, berbeda dengan kebanyakan kamu yang sering meragukan mimpi diri kamu sendiri. Karena sadar targetnya tinggi, orang kaya bisa memusatkan seluruh usahanya untuk mencapai target atau mimpi tersebut.

Komentar

Fresh