Umur Manusia dan Kondisi Keuangan Kita | OPINI.id

Tanggung jawab manusia dewasa salah satunya adalah memiliki perencanaan keuangan yang baik. Kesalahan dalam perencanaan bisa mengakibatkan ketidakbahagiaan di hari tua. Berikut periode-periode umur seseorang disandingkan dengan kondisi keuangan yang umum terjadi.

Umur 20-30 Tahun

Pada usia ini, biasanya kita baru memulai karir. Idealnya kita menabung 10% dari penghasilan kita dan sebaiknya segera memberanikan diri untuk mengambil rumah (cicilan). Pada fase ini kita juga butuh banyak hiburan, liburan, belanja, namun jangan lupa investasi.

Umur 30-40 Tahun

Pada usia ini sebaiknya kita mulai memikirkan peningkatan kapasitas diri kita. Gaya hidup harus benar-benar dijaga. Orientasi lebih banyak ke investasi untuk dana pendidikan anak dan dana pensiun kelak.

Umur 40-50 Tahun

Alokasikan aset yang aktif agar dapat pendapatan pasif. Alokasikan pula dana darurat dan mulai pikirkan properti selanjutnya. Mulai jaga diri dan hati-hati dalam mengambil risiko dalam hidup.

Umur >50 Tahun

Penghasilan pasif sudah stabil. Utang lunas. Rumah buat pensiun sudah nyaman. Realokasikan investasi yang sifatnya masih high risk menjadi low risk.

Komentar

Fresh