10 Pemain Calon Peraih Ballon D'or 2017 | OPINI.id

Longlist 30 pemain yang masuk dalam nominasi calon pemain terbaik dunia (ballon d'or) edisi 2017 sudah diumumkan. Bllon D'or merupakan penghargaan individual paling prestisius bagi pemain sepakbola. 9 tahun terakhir, gelar pemain terbaik dunia ini hanya didominasi oleh dua nama, yaitu Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Berikut beberapa nama yang kemungkinan besar akan masuk dalam 10 besar daftar nominasi peraih Ballon D'or 2017.

Cristiano Ronaldo

CR7 sudah mengoleksi 4 trofi Ballon D'or di dalam lemarinya. Dia mendapatkannya di tahun 2008, 2014, 2016, dan 2017. Kemungkinan besar gelar pemain terbaik dunia ini akan jatuh kepada CR7 lagi setelah dia berhasil membawa Real Madrid menjuarai Liga Champion 2017 yang menjadikan klubnya menjadi klub pertama yang mampu menjuarai Liga Champion berturut-turut sejak ganti format di tahun 1992.

Lionel Messi

Kapten tim nasional Argentina ini merupakan pemain yang memiliki gelar Ballon D'or terbanyak sejauh ini. La Pulga memenangkan Bllon D'or sebanyak 5 kali pada tahun 2009, 2010, 2011. 2012, dan 2015. Penampilan konsiten Messi sepanjang musim lalu diyakini membuatnya masih bisa menjadi pesaing ketat CR7 yang berpotensi menyamai jumlah gelar Messi jika CR7 berhasil memenangi gelaran Bllon D'or tahun ini.

Kylian Mbappe

Penampilan impresif Mbappe musim lalu berhasil membawa AS. Monaco memenangi Liga Prancis, mematahkan donimasi klubnya saat ini, PSG. Mbappe juga berhasil membawa Monaco melaju ke Semifinal Liga Champion musim lalu sebelum dihentikan oleh Real Madrid yang menjadi juara. Youngster Prancis ini diprediksi oleh para pundit akan masuk dalam 3 besar nominasi nantinya.

Sergio Ramos

Kapten pertama Real Madrid ini menunjukkan penampilan yang konsisten dan solid di lini belakang Real Madrid. Keberadaannya menjadikan pertahanan Real Madrid sulit ditembus dan juga dia kerap menjadi penyelamat dengan gol sundulannya. Sergio Ramos berhasil membawa Real Madrid meraih gelar Liga Spanyol dan Liga Champion pada musim lalu. Sehingga diperkirakan dia akan menjadi salah satu pemain bertahan yang akan masuk dalam list 10 besar.

Gianluigi 'Gigi' Buffon

Tua-tua biang keladi. Julukan ini sangat tepat disematkan oleh kiper nomor 1 tim nasional Italia ini. Buffon berhasil membawa Juventus kembali memenangi Liga Italia untuk 6 kali beruntun. Dia juga membawa Si Nyonya Tua ke puncak gelaran Liga Champion, walau akhirnya dihempas oleh Real Madrid di final.

Eden Hazard

Penampilan konsisten Hazard musim lalu berhasil membawa Chelsea kembali ke puncak dan memenangi Liga Premiere. Penampilang Hazard di tim nasional Belgia pun membawa negaranya lolos ke Piala Dunia 2018.

Robert Lewandowski

Penyerang utama klub Bayern Munchen ini hanya kalah dari Aubameyang dalam daftar top scorer Bundesliga. Lewandowski berhasil membawa Bayern Munchen mendominasi dan memenangi Bundesliga musim lalu.

Marcelo

Bersama Sergio Ramos, Marcelo menjadi sosok tidak tergantikan di lini belakang Real Madrid. Penampilannya yang konsiten di lini kiri pertahanan Real Madrid, membuat serangan lawan sering gagal. Kemampuan menyerang Marcelo juga menjadi momok bagi bek kanan lawan. Umpan silang terukurnya sering memudahkan Ronaldo, Bale atau Benzema untuk membobol gawang lawan.

Neymar Jr

Meski dibawah bayang-bayang Lionel Messi selama di Barcelona, namun Neymar tetap menjadi bagian penting Barcelona musim lalu. Walau akhirnya Barcelona kalah dalam perebutan gelar juara Liga Champion dan Liga Spanyol. Neymar berhasil membuktikan kapasitasnya sebagai pemain bintang setelah hijrah ke PSG musim ini.

Paulo Dybala

Paulo Dybala menjadi pemain yang diincar oleh Real Madrid sepanjang musim lalu. Permainannya yang bisa menjadi pembeda di lini serang Juventus, menjadikannya pemain yang disukai oleh supporter. Dybala diperkirakan oleh para pundit menjadi pengganti Messi di tim nasional Argentina ketika nanti La Pulga memutuskan pensiun total.

Komentar

Fresh