Bahaya Dibalik Tato Sklera | OPINI.id

Tren pupil berwarna-warni seperti boneka barbie atau putih-merah seperti vampir dengan memasang lensa kontak adalah mode yang jamak. Para penggila modifikasi tubuh menemukan cara lain untuk mewarnai mata secara permanen: tato sklera. Padahal ini bahaya loh!

Apa Itu Tato Sklera

Ini adalah tato pupil mata guys. Prosedurnya terbilang mengerikan. Mata kamu akan disuntikkan tinta berwarna ke dalam lapisan tipis konjungtiva atau bagian putih mata. Penyuntikan dilakukan beberapa kali sehingga tinta menyebar dan memenuhi bagian putih pada mata.

Luna Cobra Seniman Dibalik Tato Sklera

Seniman modifikasi asal Australia bernama Luna Cobra adalah penggagas tren tato ini. Cobra biasa membuat modifikasi tubuh berupa tindikan, tato di kulit, dan lidah bercabang. Pada 2007, kawan lama Cobra yang terobsesi memiliki mata biru selayaknya karakter fiksi, Dune, datang berkunjung. Luna tiba-tiba menyeletuk bahwa ia bisa mengubah mata sang kawan menjadi biru permanen. Keesokan harinya, ia mulai bereksperimen menato mata tiga orang sukarelawan.

Tato Mata Itu Bisa Sebabkan Kebutaan

Mentato tubuh saja ada resikonya, apalagi jika mentato pupil mata. Keren tapi tetap bahaya karena bisa menyebabkan kebutaan. Seperti halnya yang terjadi pada wanita bernama Catt Gallinger. Wanita asal Kanada ini mentato matanya dengan warna ungu.

Namun bukannya terlihat keren,justru matanya bengkak dan terus mengeluarkan air mata berwarna ungu dari tinta yang disuntikan di pupilnya. Postingan peringatan bahayanya ini di media sosial juga menjelaskan jika dirinya harus menderita kebutaan. Serem kan?

Hii.. Seperti Inilah Proses Sklera Tato

Sangat mengerikan melihat proses pembuatan tato pada pupil mata yang mempunyai resiko membutakan mata. Saking bahayanya sampai, American Academy of Ophthalmology (AAO) juga memberi peringatan keras terkait penggunaan tato sklera karena risiko tinggi yang ditimbulkan.

Dokter mata sekaligus juru bicara AAO, Philip Rizzuto, mengingatkan risiko kebutaan dapat terjadi akibat tren modifikasi tubuh yang satu ini. Kurangnya pengalaman memegang jarum oleh artis tato,dapat membuat mata rusak.

Komentar

Fresh