Rahasia Dibalik Kartu ATM & Kartu Kredit | OPINI.id

Sebagai pengguna kartu ATM dan kartu kredit, kita harus tahu beberapa rahasia utama pada setiap kartunya. Nah, yuk lihat apa aja rahasianya.

Kartu Dilindungi Watermark

Ternyata kartu bank juga dilindungi dengan cara yang sama seperti uang biasa. Misalnya saja watermark yang bisa dilihat pada sinar ultraviolet. Sedangkan pada kartu VISA kamu bisa meliat V dan M pada mastercard yang menyala jika kena sinar.

Angka Kartu Memiliki Arti

ATM dan kartu kredit punya 16 digit angka di bagian depan. Digit pertama untuk sistem identifier, contohnya untuk kartu bank yang berlogo visa pasti dimulai dari angka 4 dan yang berlogo mastercard dimulai dari angka 5.

Untuk 5 digit berikutnya nomor bank penerbit kartu tersebut. Jadi, dengan 6 digit tersebut kamu bisa mengidentifikasi jenis kartu dan bank yang menerbitkan kartu tersebut. Sementara, 9 digit berikutnya hanya untuk keperluan bank dalam mengindentifikasi pemilik kartu.

Angka Sakral

Untuk kartu kredit ada angka sakral yang lebih penting dari pin. Letaknya di bagian belakang kartu. Ini adalah kode CVV untuk VISA dan CVC untuk MasterCard. Gunanya, untuk identifikasi saat kamu melakukan transaksi online.

Komentar

Fresh