4 Tradisi Wanita Ini Cuma di Indonesia | OPINI.id

Pokoknya yang lain gak punya deh. Itulah sebabnya kenapa Indonesia disebut sebagai negara kaya. Karena kita punya banyak tradisi dan kebudayaan yang gak dimiliki bangsa lain. Proud being Indonesian.

Potong Gigi

Di Bali juga ada. Hampir sama dengan tradisi Mentawai cuma gak esktrem aja. Tradisi Potong Gigi yang juga disebut Mependes, Metatah atau Mesangih juga bertujuan untuk membunuh 6 musuh dalam diri manusia sama seperti suku Mentawai.

Akan tetapi tak hanya perempuan yang melakukan tradisi ini karena anak lelaki yang sudah dianggap dewasa juga melakukannya. Metatah hanya mengikir barisan gigi bagian atas yang tidak rata, biasanya ada 6 gigi yang dilakukan proses metatah ini.

Cewek Pinang Cowok

Di Minangkabau, Lamongan, Trenggalek dan Rembang ceweknya udah ngikutin emansipasi. Soalnya di sini, para cewek diharuskan melamar cowok idamannnya buat jadi suami mereka. Keluarga cewek yang harus mengunjungi kediaman cowok dan basa-basi sampai deal masalah pernikahan.

Kerik Gigi

Tradisi suku Mentawai ini masih dijalankan sampai sekarang. Ini adalah tradisi para wanita di suku Mentawai agar terlihat lebih cantik. Tradisi ini sekaligus menjadi penanda kedewasaan dan juga mengendalikan diri dari sifat buruk manusia yang sudah tertanam dalam diri atau disebut Sad Ripu.

Pengasingan Wanita Haid

Tradisi ini dilakukan oleh Suku Naulu yang bermukim di Pulau Seram, Maluku, disini para wanita yang sedang haid diasingkan dari keluarga mereka hingga periode haid selesai.

Para wanita akan tinggal digubuk yang berukuran 2x2 meter dengan tempat tidur saja, selama masa Panamou mereka tidak boleh dikunjungi oleh keluarga dan tidak boleh ada pria di area tersebut. Untuk keperluan makan dan minum, akan ada seorang wanita yang mengantarkan tetapi pengantar makanan tersebut dilarang berbicara dengan wanita yang sedang dalam masa Panamou.

Komentar

Fresh