Berapapun Gajimu, Harus Lakukan Ini | OPINI.id

Siapa sih yang belum kenal dengan pengusaha termasyur dari Hong Kong Li Ka-Shing. Pengusaha sukses yang lahir pada 29 July 1928 di Chaozhou, China ini bukan sosok yang berasal dari keluarga yang kaya. Ia lahir dari keluarga yang sangat miskin. Tak mengherankan, pengusaha ini juga tak pelit untuk berbagi ilmunya. Menurut Li, apapun yang terjadi dan tidak peduli berapa pun penghasilan kita, kita harus membaginya menjadi 5 bagian ini.

1. Biaya Hidup

“Pilih makanan yang murah. Untuk sarapan kamu cuma perlu susu dan telur. Makan siang bisa kamu isi dengan menu sederhana dan buah. Memasaklah sendiri untuk makan malam. Menunya cukup dua jenis sayur dan segelas susu sebelum tidur. Selama badanmu masih muda, kamu tidak akan bermasalah dengan pola makan seperti ini”.

2. Biaya Sosial dan Menjamu Teman

“Perluas pergaulanmu. Ini akan membuat kamu jadi pribadi yang berkembang. Gunakan uang ini untuk biaya telepon dan mentraktir teman. Ingat, teman yang kamu jamu haruslah yang lebih dari kamu." Lebih yang dimaksud: lebih bersemangat, lebih kaya, lebih punya pengaruh. Dengan cara ini kita dalam setahun akan punya banyak teman dan dikenal sebagai orang yang baik dan pemurah.

3. Biaya Mengembangkan Kualitas Diri

“Karena kamu belum punya banyak uang, kamu harus fokus ke belajar. Sisihkan uang untuk beli buku setiap bulan." Setelah beli, jangan hanya dianggurkan, resapi dan pelajari apa yang diajarkan di buku itu.

4. Biaya Wisata

“Pergilah berwisata minimal sekali setahun," begitu anjuran Li Ka-Shing. Berwisata bermanfaat untuk mengisi ulang energimu agar tetap bersemangat dalam bekerja.

5. Biaya Investasi

“Belajarlah untuk berinvestasi," begitu anjuran Li Ka-Shing. Investasi itu memang penting untuk mewujudkan mimpi. Nah untuk memulai investasi, tak ada salahnya memanfaatkan IPOTPAY yang memang cocok untuk pemula yaitu investasi reksadana pasar uang.

Komentar

Fresh