Mimpi Jadi Penguasa | OPINI.id

Australia jadi negara dengan jumlah micronation terbanyak di dunia. 35 dari 100 micronation di seluruh dunia berlokasi di Negeri Kangguru. Ada banyak cerita menarik dibalik pendirian micronation ini.

Apa itu micronation?

Mantan pemimpin micronation ternama Corvinia, Peter Ravn Rasmussen mendefinisikan micronation sebagai suatu kesatuan yang dikelola layaknya sebuah negara, sehingga berpeluang berkembang dan mendapat pengakuan sebagai negara yang sah dari dunia internasional. Mayoritas micronation dipimpin oleh orang-orang nyentrik yang mimpi punya negara. Namun mereka belum tentu memiliki kapasitas serta kebijaksanaan dalam mengelola kekuasaan. Selain Corvinia, ada sejumlah micronation lain yang sudah berusia puluhan tahun, seperti Talossa dan Hutt River.

Kenapa tumbuh pesat di Australia?

Hingga saat ini tidak ada yang tahu sebab pasti, mengapa micronation tumbuh pesat di Australia? Bayangkan, 35 dari 100 micronation yang tercatat di dunia berada di Australia. Apakah rakyat Australia sangat kecewa terhadap kinerja pemerintah? Tapi ada satu teori yang mencoba menjawab pertanyaan ini. Pemerintah Australia sepertinya santai menanggapi tren micronation di negaranya. Kepala negara micronation memang terapkan aturan sendiri. Tapi mereka masih menghormati hukum Australia. Jadi selama tidak menimbulkan konflik politik, pemerintah Australia mungkin memilih bersikap pasif sama micronation. Berikut beberapa micronation di Australia?

The Aerican Empire

Didirikan oleh Eric Lis pada tahun 1987, dengan mencoret huruf 'm' pada kata American. The Aerican Empire sebenarnya bermarkas di Montreal, Kanada. Namun, Aerican telah melebarkan sayapnya ke Australia. Bahkan, mereka klaim telah menguasai sejumlah wilayah di planet Pluto, Mars, serta sebuah planet imajinasi. Aerican punya ratusan warga negara, serta uang kartal yang diluncurkan dalam rangka hari kemerdekaan yang ke-30 tahun pada Mei lalu.

The Principality of Hutt River (PHR)

The Principality of Hutt River (PHR) didirikan oleh Leonard George Casley pada 1970. Perseteruan kuota produksi gandum mendorong Casley buat negara sendiri. Saat berdiri, teritori PHR tercatat sebesar 75 km persegi di Australia bagian barat. PHR merupakan micronation tertua di Negeri Kangguru. Hebatnya, PHR punya struktur pemerintahan yang hampir lengkap seperti kabinet berisikan menteri urusan dalam dan luar negeri. Bahkan, PHR punya jaringan pos sendiri. PHR juga punya lagu kebangsaan sendiri. Kalau didengar lagunya mirip lagu rock era '70-'80an.

Principality of Wy

Principality of Wy dibentuk oleh Paul Delprat pada tahun 2004. Karena, Dewan Kota Mosman, Sydney, lamban ambil keputusan pembangunan jalan masuk ke propertinya. Sebagai penguasa, Paul berhak menggunakan mahkota emas, jubah, serta tongkat dengan hiasan burung elang seperti raja-raja abad pertengahan. Principality of Wy punya bendera resmi berupa seekor lumba-lumba bermahkota emas yang dilukis sendiri oleh Paul.

Komentar

Fresh