4 Bukti KPK Kalah di Praperadilan | OPINI.id

Sudah keempat kalinya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikalahkan dalam sidang praperadilan melawan tersangka. Yuk liat siapa aja yang berhasil kalahkan KPK.

1. Setya Novanto

Terbaru adalah Ketua DPR Setnov yang terlibat kasus korupsi e-KTP. Tapi dalam sidang praperadilan hakim tunggal Cepi Iskandar menyatakan bahwa penetapan tersangka Ketua DPR RI Setya Novanto tidak sah. Tentu saja ini masuk ke dalam daftar kekalahan KPK lagi.

2. Budi Gunawan (BG)

Dia adalah orang pertama yang menggugat status tersangkan melawan KPK. Hal yang dilakukan oleh Budi Gunawan ini sekarang menjadi tren dikalangan koruptor. Seperti diketahui, ia ditetapkan sebagai tersangka terkait rekening gendut atau tidak wajar.

Penetapan itu dilakukan sehari setelah dirinya diumumkan sebagai calon Kapolri. Namun sayangnya, Hakim Sarpin Rizaldi mengabulkan sebagian gugatan praperadilan yang diajukan Komjen Budi Gunawan yang saat itu menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri, pada Februari 2015.

3. Ilham Arief Sirajuddin

Dia adalah matan Walikota Makassar yang pernah menjadi tersangka terkait kasus dugaan korupsi kerja sama rehabilitasi kelola dan transfer untuk instalasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) tahun 2006-2012.

Meski akhirnya nyemplung ke sel penjara tetapi Hakim tunggal praperadilan Yuningtyas Upiek sempat kabulkan gugatannya atas penetapan statusnya sebagai tersangka.

4. Hadi Poernomo.

Hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Haswandi mengabulkan sebagian permohonan praperadilan yang diajukan mantan Direktur Jenderal Pajak Hadi Poernomo terhadap KPK pada Mei 2015.

Hadi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyelahgunaan wewenang dalam jabatannya. Hakim menganggap proses penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan KPK tidak sah dan tidak berdasar hukum karena dilakukan oleh penyelidik dan penyidik independen.

Komentar

Fresh