Rekomendasi Wisata di Kepulauan Riau | OPINI.id

Banyak orang hanya mengenal Batam sebagai bagian dari Kepulauan Riau. Perdagangan yang terjadi di Batam merupakan komponen utama yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Kepri selain pertambangan. Padahal ibukota Kepri adalah Tanjung Pinang dengan potensi pariwisata yang dahsyat.

Apa saja potensi pariwisata tersebut? Berikut beberapa di antaranya.

Pantai Trikora

Pantai Trikora berada di Kab. Bintan. Jaraknya hanya sekitar 1-1,5 jam dari kota Tanjung Pinang. Pantainya mirip dengan pantai Tanjung Tinggi di Belitong dengan lengkungan garis pantai nyaris tanpa ombak. Sangat tenang. Batu-batu besar dari zaman Jura pun menjado lanskap sempurna bagi pantai ini. Ada 4 wilayah Trikora, Trikora 1 hingga Trikora 4. Namun, jika tertarik bermain batu, kita cukup mendatangi Trikora 3.

Air Terjun Gunung Bintan

Sebenarnya, Bintan tak punya gunung. Hanya bukit. Bukit itu namanya Gunung Bintan dan ada satu air terjun. Dari jalan raya kita hanya perlu mendaki 200 m.

LAGOI

Lagoi adalah kawasan yang luar biasa. Di sink ada resor-resor mahal. Hutan lindung dengan aneka flora dan fauna pun tersedia. Satu titik yang menjadi public domain adalah Lagoi Bay. Indah sekali.

TANJUNG SIAMBANG

Tanjung Siambang berada di pulau Dompak. Jaraknya 9 km saja dari Masjid Agung Raya Dompak. Dari kota Tanjung Pinang bisa ditempuh kurang dari 1 jam. Spot ini sempurna bila Anda ingin melihat matahari tenggelam.

Masjid Raya Dompak

Jika kamu cukup religius, sempatkanlah singgah di masjid ini. Sholatlah. Dari halamannya kita juga bisa melihat lanskap lautan dan kota Tj Pinang. Jembatan Dompak yang baru dibangun juga tampak gagah menyaingi Barelang di Batam.

Mana tempat yang ingin kamu kunjungi?
LAGOI
Trikora
GUNUNG BINTAN
Dompak
4 votes

Komentar

Fresh