CEK NAMAMU DI forlap.ristekdikti.go.id | OPINI.id

Pendataan Pendidikan Tinggi sudah dimulai sejak 2002, namun halaman forlap ini baru ada sejak 2014. Kalau kamu tidak mau ada kesulitan dimasa mendatang yang berhubungan dengan riwayat studi, cek datamu di forlap dikti.

Perguruan tinggi wajib melaporkan data ke Forlap Dikti

Menurut Permenristekdikti No 61 Tahun 2016 tentang Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, bahwa perguruan tinggi memiliki kewajiban melaporkan data pendidikan tinggi setiap semester.

Apa saja yang bisa dicek

Bukan hanya namamu dan NIM,tapi di forlap dikti bisa juga dilihat Riwayat Studi (jumlah SKS), Status Kuliahmu, sampai nomor Ijazah.

Jika tidak terdaftar ?

Ribuan sarjana Universitas Mulawarman Samarinda tidak terdaftar di forlap dikti, ada juga yang mengalami salah data dan data berganda. Jika nama tidak tercantum segera hubungi pihak kampus buat melakukan pengecekan. Kampus cuma diberi waktu dua bulan sejak semester berakhir buat melengkapi/memutakhirkan data di forlap dikti

Buat apa forlap dikti

Data mahasiswa yang termuat di PD Dikti digunakan sebagai rujukan pemberian beasiswa, penelitian, perlombaan tingkat mahasiswa dan hal lainnya. Selain itu, lanjutnya, data mahasiswa di PD Dikti sangat penting ketika seorang mahasiswa pindah perguruan tinggi (PT). Beberapa perusahaan menggunakan forlap dikti buat memverifikasi ijazah pelamar/calon karyawan.

Komentar (1)

Fresh