GENERASI GENERASI SETELAH PD II | OPINI.id

Setelah Perang Dunia II atau PD II, William Strauss dan Neil Howe mengatakan dalam bukunya, terdapat lima generasi dalam satu abad ke depan. kamu (tunjuk yang baca) termasuk generasi yang mana?

GENERASI MATURE (1925-1946)

generasi yang lahir pada saat PD I dan PD II mereka hanya berpikiran bagaimana cara mereka tetap hidup. generasi mature terkadang suka hidup berpindah-pindah untuk menyelamatkan diri mereka dari serangan perang yang mendadak. selain itu mereka juga berjiwa nasionalis.

BABY BOOMERS (1946-1960)

generasi tersebut ada saat PD II telah usai. di indonesia, saat tahun 1945 merupakan tahun kemerdekaan RI.padahal saat itu kependudukan RI tidak sepadat generasi Y dan Z. disaat yang bersamaan, pemerintah belum mempersiapkan dengan matang tentang kependudukan seperti program KB.di beberapa daerah program tersebut ada yang berhasil namun untuk daerah pedesaan yang sulit untuk mendapatkan akses kesehatan sulit untuk dijangkau. faktor tradisi juga mempengaruhi pola pikir generasi baby boomers. mereka percaya yang namanya punya banyak anak banyak rejeki. karena mempunyai banyak saudara, mereka mempunyai sifat mudah menerima dan mudah beradaptasi. dalam segi ekonomi mereka juga bekerja keras untuk membeli rumah,tanah,mobil dan warisan agar keturunan mereka tidak merasakan kesusahan dalam segi keuangan saat PD I dan PD II.

GENERASI X (1960-1980)

Generasi X merupakan keturunan generasi baby boompers. setelah mereka mempelajari apa yang pernah diajarkan orang tua mereka, seperti bekerja keras untuk segi ekonomi dan berinvestasi. tidak hanya investasi dalam segi beli rumah dan tanah, mereka mulai melirik dana pensiun dan membeli properti.beberapa diantara mereka memilih berwirausaha. kemudian pada masa generasi X mulai terlihat mereka memiliki kebiasaan negatif seperti melawan orangtua dan mencoba narkoba. dampak efek globalisasi juga mulai terlihat seperti masuknya dunia musik barat, punk style,mulai mengenal teknologi seperti disket dan video games. sayang mereka memiliki watak yang mencari aman. hal ini diwajarkan karena mereka mempunyai tingkat stres yang tinggi dalam pekerjaan.

GENERASI Y (1980-1995)

Para editorial Amerika menggunakan nama lain untuk generasi Y yakni generasi millenial. dikatakan millenial karena mereka telah mengenal teknologi dari lahir seperti email,sms dan voice mail.selain mereka mulai mengenal media sosial seperti facebook,twitter dan instagram. orang tua mereka mulai mengajarkan tentang keberanian berbicara atau mengeluarkan pendapatgenerasi tidak harus terus menerus mengejar harta kekayaan, namun, mereka lebih mengejar kebersamaan,solidaritas dan eksistensi diri. karena telah terbiasa dengan dunia yang serba instan dari lahir, generasi ini memiliki sifat konsumtif dan haus akan pujian orang-orang.sisi positifnya generasi punya jiwa enterpreneurship karena mereka tidak bisa kerja kantoran yang sifatnya terikat waktu.

GENERASI Z (1995-2010)

merupakan generasi net atau iGeneration yakni generasi internet.mereka telah mengenal internet dan dunia maya sejak kecil. internet mereka gunakan untuk mendapatkan informasi atau akses pendidikan. bisa dikatakan generasi ini mengadaptasi generasi millenial dalam segi teknologi. mereka bisa mendengarkan musik sambil bermain media sosial. generasi Z juga terbuka dalam perbedaan kultur yang ada.karena generasi Z memiliki ijiwa wirausaha, mereka juga menggunakan media sosial untuk sarana atau akses untuk berjualan untik menawarkan produk jualan mereka. sayangnya, mereka juga mengadaptasi sifat konsumtif generasi sebelumnya.mereka juga kurang menghargai proses,individualis dan bersifat egosentris dan kurang sabaran.

Komentar (1)

Fresh