Bayar Pajak Buat Apa? | OPINI.id

Orang bijak, bayar pajak. Pasti inget kan sama slogan ini nih. Bicara soal pajak, saya sendiri sedikit enggan untuk menjadi orang bijak. Pasalnya, sampai sekarang saya belum merasakan maksimal pemanfaatan uang pajak. (jangan ditiru ya!)

Banyak Hutang, Indonesia Kejar Setoran Lewat Penarikan Pajak

Sekali lagi ini adalah opini orang bodoh seperti saya. Pajak itu untuk membangun bangsa, tapi kita sendiri gak pernah tahu detail berapa besar pengeluaran negara kita untuk membangun infrastruktur.

Tau-tau, kita punya hutang besar saja sama negara lain. Bebannya ke siapa? Kemana lagi kalau bukan ke RAKYAT! Saking kejar setoran, sampai-sampai ada yang namanya Tax Amnesty.

Helow Pajak Itu Harus Ada Bro!

Oke judul topik ini juga boleh kok kalian tanggapi. Tapi gak ada salahnya juga saya googling manfaat pajak ini. Eng ing eng, muncul deh hasilnya. Menurut situs cermati.com, pajak adalah sumber utama penerimaan negara.

Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara yang menyumbang sekitar 70% dari seluruh penerimaan negara. Tanpa pajak, sebagian besar kegiatan negara akan sulit untuk dilaksanakan.

Pajak Membangun Bangsa!

Banyaknya masyarakat yang belum taat membayar pajak disebabkan minimnya informasi masyarakat mengenai manfaat pajak (mungkin saya salah satunya).

Nah, menurut situs ini manfaatnya banyak dari uang pajak. Seperti halnya kita bisa menikmati fasilitas umum dan infrastruktur. Apalagi kalau bukan, jalanan, jembatan, sekolah dan rumah sakit.

Fakta Nyata Uang Pajak di Kehidupan

Pada faktanya, banyak sekali uang pajak yang mengalir tidak jelas. Meskipun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah menjelaskan aliran uang pajak yakni untuk membiayai kebutuhan belanja Indonesia yang mencapai Rp 2.000 triliun, salah satunya pembangunan infrastruktur.

Tapi tetap saja dari kacamata saya, uang pajak ini belum tersalurkan dengan baik dan benar. Lihat saja di beberapa kota, masih banyak kok wilayah yang masih belum bagus infrastrukturnya.

Masih inget kan sama berita anggota TNI yang setiap hari menyebrangi murid di sungai? Itu menurut saya masih menjadi suatu bukti kalau sebenarnya uang pajak itu masih tidak mengalir pada tempatnya.

Nih videonya : https://www.youtube.com/watch?v=CHailyG6xMg

Komentar

Fresh