'Turah' Wakil Indonesia di Oscar 2018 | OPINI.id

Indonesia kembali mengirimkan perwakilan ke ajang Academy Awards atau Oscar. Film Turah didukung untuk ikut berkompetisi di kategori Film Berbahasa Asing Terbaik Academy Awards ke-90 yang akan digelar di Dolby Theatre Hollywood, 4 Maret 2018.

Punya Karakter Kuat, Turah Siap Unjuk Gigi di Oscar 2018

Turah termasuk satu dari 130 lebih film yang diseleksi oleh komite bentukan Persatuan Produser Film Indonesia yang dikepalai Firman Bintang.

Christine Hakim yang menjadi salah satu anggota menuturkan, Turah dipilih karena karakter film yang sangat kuat. Gak cuma itu aja, bahkan film ini juga disinyalir sangat relevan dengan krisis kemanusiaan yang sedang terjadi di dunia.

Apalagi tema-tema seperti itu biasanya diincar oleh Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS), penyelenggara Oscar yang menunjuk PPFI sebagai perwakilan di Indonesia.

Turah Bercerita Tentang Kekalahan

Turah bercerita tentang kekalahan yang sudah menjadi makanan sehari-hari bagi warga kampung Tirang. Mereka tidak pernah tahu arti mimpi.

Yang mereka tahu, mereka bisa hidup sehari-hari akibat welas asih seorang Darso dan Pakel, juragan nan kaya raya. Hidup mereka seakan didikte, tanpa pernah tahu bagaimana harus memberontak.Apalagi merasakan kemenangan. Tapi Turah dan Jadag tidak tinggal diam melihat itu.

Mereka seperti dilahirkan untuk membawa perubahan. Di tengah ketakutan untuk memberontak, Turah dan Jadag mendorong warga Tirang untuk berani memperjuangkan kemenangan bersama, sesuai keinginan mereka. Ini adalah film karya Wicaksono Wisnu Legowo

Film Indonesia Berbahasa Tegal Yang Sabet Banyak Awards

Bisa dibilang, Turah adalah film dipenuhi dengan dialog asli Tegal. Film ini berdurasi 83 menit. Film yang diproduseri Ifa Isfansyah ini menceritakan kehidupan masyarakat Kampung Tirang di Kota Tegal yang mengalami isolasi selama bertahun-tahun yang kemudian memunculkan berbagai problema.

Film ini memenangi 3 kategori sekaligus; Geber Award dan Netpac Award dalam Jogja-Netpac Asian Film Festival. Sedangkan kategori Asian Feature Film Special Mention diraih dalam Singapore International Film Festival

Komentar

Fresh