Sst.. Ada Misteri Dibalik Indahnya GoaBokiMoruru | OPINI.id


Pulau Halmahera adalah salah satu pulau terbesar di Maluku Utara Indonesia. Pulau ini menyimpan keindahan wisata alam yang belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah keindahan Goa Boki Moruru yang ditulis oleh Barry Kusuma.

Kamu Wajib Tahu Goa Boki Moruru Nih!

Pulau Halmahera memang indah, tapi ada satu wisata alam yang menarik buat kamu kunjungi yaitu Goa Boki Moruru Sagea Weda Utara.

Ini adalah goa eksotik, letaknya ada di hulu sungai Sageyen, Desa Sagea di Kecamatan Weda Utara. Butuh waktu 30 menit dari desa ini untuk mencapai Goa Boki Moruru.

Jalan darat atau air waktunya tetap sama. Hanya saja kebanyakan travelers lebih suka menggunakan jalan air daripada darat. Soalnya kamu bisa menikmati indahnya Sungai Sageyen dilengkapi dengan kicauan burung yang hinggap di bantaran sungai. Jadi kamu gak wajib dan harus memutar musik kamu saat melintasi keindahan arus sungai ini.

Mitos Dibalik Keindahan Goa Boki Moruru

Dibalik keindahannya Goa ini ada cerita dan mitosnya guys. Arti dari nama goa ini adalah putri yang menghanyutkan diri.

Menurut cerita yang berkembang dulunya ada Putri yang berasal dari kesultanan Tidore sedang mandi dan juga main di sungai, putri tersebut juga menghanyutkan diri mengikuti arus dari Sungai Sageyen sampai ke hilir sungai. Oleh sebab itulah goa tersebut disebut dengan Goa Boki Moruru.

Tapi ada juga mitos versi lainnya. Goa Boki Moruru menjadi bukti cinta seorang suami bernama Mon Takawai kepada istrinya. Mon Takawai adalah pemuda Suku Sawai yaitu suku adat yang tinggalnya nomaden. Saat itu Mon Takawai tinggalnya di tepi muara Sungai Kobe. Pada suatu hari Mon Takawai meminta izin kepada keluarganya untuk mencari tanah subur yang bisa digunakan untuk berkebun.

Di perjalanannya Mon Takawai menemukan tempat yang cocok untuk pindah yaitu di muara sungai yang diberi nama Geplun. Suatu hari Mon Takawai menyusuri pinggir sungai sampai ke bagian hulu, setelah lelah dia beristirahat di bawah pohon yang letaknya dengan goa. Mon Takawai dikejutkan dengan suara orang yang sedang mandi.

Karena penasaran Mon Takawai pun akhirnya mencari asal suara itu yang jika ditelusuri berasal dari dalam gerbang goa. Ketika mendekat dia melihat perempuan tengah berendam di sungai tersebut dan ketika didekati sosok tersebut menuju ke dinding batuan cadas dan menghilang.

Karena penasaran Mon memutuskan untuk tetap berada disitu sampai dua hari berikutnya, sosok itu pun muncul lagi. Akhirnya Mon Takawai memutuskan untuk membawa gadis jelita yang bernama Sari Madago itu pulang.

Sehabis menikah, dua pasangan tersebut kembali menyusuri sungai yang sama dengan sampan. Sampai di depan gerbang goa sang istri meminta izin untuk mandi di dekat goa sama seperti pertama kali mereka bertemu. Suaminya pun mengiyakan dan mengatakan bahwa gerbang goa tersebut menjadi saksi cintanya kepada sang istri yang suka menghanyutkan diri di sungai jadi goa tersebut diberi nama Goa Boki Moruru.

Ini Adalah Goa yang Tidak Berujung

Goa Boki Moruru disebut juga sebagai goa tanpa ujung karena pengunjung yang pernah mencoba untuk mencari ujung Goa Boki Moruru tersebut tidak pernah menemukan ujungnya. Pernah suatu ketika ada tim ekspedisi dari Perancis menyusui Goa Boki Moruru dengan waktu tiga hari tiga malam, dalam waktu tersebut tim ekspedisi tetap tidak berhasil menemukan ujung Goa.

Wajib Pakai Masker dan Bicara Sopan

Goa Boki Moruru dipercaya memiliki banyak makhluk halus di dalamnya, oleh sebab itu ketika berkunjung ke goa tersebut jangan sampai berkata tidak sopan atau melakukan hal-hal yang tidak pantas.

Selain itu kamu harus menyiapkan bekal makanan dan alat yang memadai sebab medan di dalam goa yang lumayan sulit dan gelap.

Kamu juga harus membawa senter maupun obor untuk menerangi dirimu di dalam goa hal itu dikarenakan di dalam goa sangat minim pencahayaan. Ketika menjelajah Goa Boki Moruru Sagea Weda Utara Anda juga diwajibkan untuk membawa masker sebab di goa ini bau kotoran kelelawar akan sangat menyengat.

Komentar

Fresh