Plus Minus Nikah Beda Negara | OPINI.id


Nikah beda agama udah bisa, tapi nikah beda negara itu baru luar biasa. Seperti yang baru ini terjadi di Indonesia. Selebriti Laudya Cynthia Bella nikah dengan Engku Emran yang merupakan orang Malaysia. Mau tau kan plus minus nikah beda negara?

Sisi Positifnya

Selalu ada sisi positif dalam kehidupan. Apapun itu, pasti ada dampak positifnya seperti halnya menikah beda negara.

1. Bisa Belajar Budaya

Dengan menikahi pasangan beda negara, kamu punya peluang untuk mempelajari tradisi dan budaya baru. Lewat menikah, kamu juga bisa memahami tradisi pasangan dan bisa mengadaptasi beberapa tradisi pasangan ke dalam tradisimu.

2. Anak Bilingual

Kamu punya potensi memiliki anak yang tumbuh dengan dua bahasa. Memang tidak mudah, tapi menguasai banyak bahasa dapat membantu anak di masa depan.

3. Kesempatan Jalan-jalan

Menikah dengan pasangan beda negara, memperbesar kemungkinan kamu untuk bisa bepergian ke mana-mana. Setidaknya ke negara asal pasangan. Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Sisi Negatif Nikah Beda Negara

Nah dibalik sisi positifnya menikah beda negara juga punya sisi negatifnya. Mau tau kan seperti apa aja sisi negatifnya, check these out!

1. Jauh dari Keluarga

Bila kamu jadi pihak yang harus tinggal di negara pasangan, maka kamu akan jauh dari keluarga. Bagi beberapa orang, jauh dari keluarga dekat adalah sebuah masalah.

2. Saat Bercerai

Pasangan internasional yang bercerai ada kemungkinan memiliki masalah yang lebih rumit dibandingkan dengan pasangan satu negara. Contohnya seperti berikut: di mana mereka akan tinggal? Apakah harus bergantian datang? dan lainnya.

3. Salah Paham Budaya

Heller bercerita, dia dan suaminya berjuang untuk saling memahami budaya masing-masing. Namun ada kalanya, budaya itu saling bertolak belakang. Hal ini kadang-kadang membuatnya frustrasi.

4. Ongkos Pesawat Mahal.....

Memiliki pasangan beda negara, membuat biaya perjalanan tentu saja membengkak. Bila sebelumnya hanya berkunjung ke negara lain hanya sesekali saja, kini jadi lebih sering.

Meski demikian, Heller tak pernah menyesal menikah dengan suaminya sekarang. Walau ada masalah-masalah di atas, bertemu dengan sang suami adalah hal terbaik dalam hidupnya.

Komentar

Fresh