Hakim Doyan Duit Haram | OPINI.id

Gak paham lagi, masihkan kita harus optimis Indonesia bebas korupsi. Karena semua elemen berbau korup. Sampai lembaga peradilan sekarang jadi "sarang" traksaksi haram.

Godaan Hakim Pengadil Koruptor

Kabar terbaru KPK tangkap tangan (OTT) Hakim, Panitera dan pihak penyuap di Bengkulu (7/9/2017). Dikabarkan tersangkut putusan atas terpidana Wilson, Pelaksana Tugas (Plt) kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Pemerintah Kota Bengkulu, terlibat korupsi pengelolaan anggaran rutin dan kegiatan fiktif.

Hakim yang tercyduk putuskan vonis Wilson penjara 1 tahun 3 bulan dalam perkara tersebut pada 14 Agustus 2017. Negara dirugikan sebesar Rp 590 juta.

Saya pemisis, Indonesia akan bebas korupsi kalau kelakuan pejabat masih kayak gini. Kalau kamu?
Pemisis
Optimis
16 votes

Kuasa Bebas Korupsi Ada di Hati

Hakim bukan pendosa paling tinggi dalam kasta penjahat korupsi. Semua orang juga ada pendosa, karena judulnya aja mengambil hak orang lain atau berkolusi untuk memperkaya diri sendiri. Tapi hakim ada di titik terdekat risiko korupsi itu timbul. Tawaran peringanan hukuman dalam putusan vonis, atau bahkan cuma sekedar pernyataan/pendapat hukum atas suatu kasus. Ambil contoh saja Hakim Konstitusi yang baru saja divonis, Patrialis Akbar. Bayangkan, yang mulia hakim penguji konstitusi CUMA diganjar 8 tahun penjara. Padahal tuntutan jaksa 12, 5 tahun. Vonis dan tuntutan sama-sama tidak mencerminkan keadilan. Bayangkan, ini sangat jauh dari apa yang diterima Akil Mokhtar, mantan Ketua MK yakni seumur hidup. Majelis Hakim MK adalah harapan publik atas terciptanya keadilan. Kalau "Yang Mulia" saja bobrok, bisa disogok, kemana keadilan itu akan kita cari? Lantas, bagaimana bikin kita bebas korupsi, maksudnya terbebas bukan seenaknya korup? Kembali lagi ke hati.

Komentar

Fresh