Jack Kirby : Si Yahudi Sang Raja Komik | OPINI.id

Tak akan ada Iron Man, Captain America, dan seluruh penghuni Marvel Cinematic Universe, tanpa dirinya. Satu abad sudah dia pergi meninggalkan karyanya yang masih mendunia dan dinikmati oleh banyak orang. 

Siapa Jack Kirby?

Masih inget kan sama demam Spiderman Homecoming beberapa waktu lalu? Spiderman diperankan oleh Tom Holland. Karakternya baik,energik,lincah, dan sangat milenial. Film ini dapat banyak kritikan bagus dari salah satu sekuel Marvel Cinematic Universe (MCU) Beberapa tahun terakhir, Iron Man, Captain America, The Hulk, Thor, dan kawan-kawannya yang lain memang jadi tontonan wajib di layar lebar.

Pahlawan-pahlawan super dari komik-komik Marvel ini memang tengah dieksplorasi besar-besaran ke dalam rol film hingga bersekuel-sekuel. Delapan dari daftar 20 film superhero terlaris sepanjang masa datang dari MCU, dengan The Avengers sebagai pemuncaknya.

Pendapatan kotornya mencapai $623 juta. Tapi tulisan ini tak akan membahas kejelian Marvel dalam membangun kejayaan MCU, melainkan untuk merayakan satu abad kelahiran dalang di balik terciptanya para pahlawan super tersebut. Dia adalah Jacob Kurtzberg, pria kelahiran New York, 28 Agustus 1917 yang memulai karier komikusnya sejak tahun 1930-an.

Kurtzberg sering mengonta-ganti nama penanya menjadi Jack Curtis, Curt Davis, dan Fred Sande, sebelum menghabiskan Jack Kirby sebagai nama permanennya. Kirby lahir dan besar di keluarga imigran yang pas-pasan. Ayahnya, Benjamin Kurtzberg adalah imigran Yahudi dari Austria, yang bekerja jadi buruh pabrik garmen. Kirby kecil tak suka lingkungan tempat tinggalnya, sebuah tempat yang tak membiarkan seorang seniman berkembang baik.

Seniman, pada masa itu, bukan sebuah cita-cita yang wajar untuk para remaja lelakinya. Mengabdi jadi prajurit untuk siap tempur lebih populer. Lagi pula, sebagaimana masa kini juga memperlakukannya, menjadi seniman selalu ditantang pertanyaan: ?Mau makan dari mana?? Tapi siapa yang menyangka, jika gairahnya pada seni menggambar bisa menghasilkan uang yang berlebih. Kini karyanya akan selalu abadi dalam film-film berkelas besutan Marvel.

Inilah Tokoh Superhero Marvel Besutan Jack Kirby

Legenda Jack Kirby namanya masih harum. Karyanya saat ini dinikmati jutaan orang di dunia lewat sentuhan ciamik digital dari Marvel. Nah, tanpa dirinya gak bakalan ada tuh superhero.

Yup, lewat tangan dinginnya, semua superhero Marvel yang terkenal saat ini jadi nyata. Sebut saja, Iron Man, Captain America, The Hulk, Fantastic Four, Thor, X-Men, Black Panther, dan tokoh-tokoh lainnya. Oleh karena itu media pun memanggilnya sebagai Sang Raja Komik.

Sebagai bentuk penghormatan pada karya-karyanya. Panggilan itu kemudian dipakai Mark Evanier untuk biografi Kirby, King of Comics, yang terbit 2008 lalu.

Komentar

Fresh