Cara Mengatasi Kolesterol | OPINI.id

Zeropromosi - Kolesterol adalah zat seperti lilin yang terdapat pada lemak (lipid) dalam darah dan digunakan oleh tubuh untuk membangun sel yang sehat. Kolesterol terdiri atas dua jenis, yaitu LDL (low-density lipoproteon atau “kolesterol buruk”) dan HDL (high-density lipoprotein atau “kolesterol baik”).

Bagaimana dengan trigliserida?

Trigliserida adalah jenis lemak yang berkaitan dengan kolesterol darah. Ketika anda makan, tubuh anda mengubah setiap kalori yang tidak dibutuhkannya menjadi trigliserida. Trigliserida disimpan dalam sel lemak, dan selanjutnya dilepaskan sebagai sumber energi diantara waktu makan. Kadar trigliserida yang tinggi dapat disebabkan oleh kelebihan berat badan dan tidak aktif. Orang yang memiliki kadar trigliserida tinggi sering kali juga memiliki kadar kolesterol LDL yang tinggi. Kadar trigliserida yang tinggi meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Ketahui angka anda

Kolesterol dan trigliserida adalah lemak yang bersirkulasi dalam darah. Target nilai kolesterol ini tepat bagi sebagian besar orang. Namun, target nilai kolesterol mungkin berbeda – bicarakan dengan dokter anda, terutama jika anda mengalami penyakit jantung atau penyakit pembuluh darah. Jenis lemak darah Kolesterol total DI bawah 200 Kolesterol LDL* ("buruk") Di bawah 100 ( Di bawah 70 jika anda beresiko sangat tinggi mengalami serangan jantung) Kolesterol HDL* ("baik") Pria: 40 atau lebih tinggi Wanita: 50 atau lebih tinggi Trigliserida Di bawah 150 ꝉ Angka dalam miligram per desiliter darah (mg/dL). *LDL adalah lipoprotein densitas rendah. HDL adalah lipoprotein densitas tinggi. ꝉ Data yang ada menunjukkan bahwa nilai dibawah 100 adalah ideal. Diadaptasi dari American Heart Association, 2007

Pengobatan di Rumah

Perubahan gaya hidup berikut ini sangat penting untuk memperbaiki kadar kolesterol. 1. Kurangi kelebihan berat badan Kelebihan berat badan menyebabkan kolesterol tinggi. Menurunkan berat badan bahkan hanya 2 – 5 kg dapat menurunkankadar kolesterol total. Perhatikan dengan baik diet dan kegiatan rutin harian anda. 2. Konsumsi makanan yang sehat bagi jantung Apa yang anda makan memiliki dampak langsung pada kadar kolesterol anda. Peneliti menemukan bahwa pada beberapa orang, diet kaya serat dan makanan penurun kolesterol dapat menurunkan kolesterol sebanyak yang diturunkan oleh obat dari dokter. 3. Pilih lemak yang sehat Lemak terdapat dalam beberapa bentuk. Bebrapa lemak lebih sehat dibandingkan lemak lain. Pilih lebih banyak makanan yang diolah dengan lemak tidak jenuh (tidak jenuh ganda dan tidak jenuh tunggal). Ini mencakup produk yang diolah dengan minyak zaitun, minyak sayur, alpukat, kacang dan selai kacang, serta minyak yang berasal dari kacang. 4. Hilangkan lemak trans Lemak trans sering ditemukan pada margarin, kue bolu, biskuit, dan kudapan. Lemak trans adalah sumber masalah ganda pada kesehatan jantung, yang meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). 5. Pilih gandum utuh Gandum utuh mengandung vitamin esensial, mineral, dan serat yang meningkatkan kesehatan jantung. Pilihlah roti, pasta, tepung gandum utuh, beras merah, bubur gandum(oatmeal), dan kulit gandum (oat bran) untuk menyehatkan jantung. 6. Makan buah dan sayuran Buah dan sayuran adalah dasar dari diet yang sehat dan penurun berat badan yang berhasil. Jelajahi jenis untuk menemukan rasa dan tekstur yang menarik. 7. Makan ikan yang sehat bagi jantung Ikan seperti cod, tuna, dan halibut memiliki lebih sedikit lemak total dan kolesterol dibandingkan daging dan unggas. Salmon, makerel, dan haring kaya asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. 8. Minum alkohol tidak berlebihan Pada beberapa penelitian, mengonsumsi alkohol dengan tidak berlebihan berkaitan dengan kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi – tetapi manfaat ini tidak cukup kuat untuk merekomendasikan alkohal pada siapa pun. 9. Olahraga teratur Olahraga yang teratur dapat membantu memperbaiki kadar kolesterol. Cobalah berolahraga 30-60 menit setiap hari. Lakukan jalan cepat, kendarai sepeda anda, atau berenang beberapa putaran. Jika anda tidak dapat menyesuaikan satu sesi pada jadwal anda, anda dapat memperoleh manfaat yang sama dari beberapa olahraga selama 10 menit. Kunjungi dokter sebelum memulai berbagai jenis program olahraga yang berat. 10. Jangan merokok Berhenti merokok dapat memperbaiki kadar kolesterol HDL. Selain itu, dalam satu tahun, resiko anda mengalami penyakit jantung menjadi separuh dibandingkan perokok. Dalam 15 tahun, resiko anda sama dengan seseorang yang tidak pernah merokok sama sekali. 11. Cobalah produk alami Bebrapa produk alami terbukti dapat menurunkan kolesterol. Selain produk alami, pertimbangkan pula suplemen dan produk penurun kolesterol seperti berikut ini: • Artichoke • Jelai (barley) • Blond psyllium (ditemukan pada kulit ari biji) • Biji rami • Bawang putih • Kulit gandum (ditemukan pada bubur gandum/oatmeal dan gandum utuh) • Sterol dan stanol tanaman. Senyawa ini mencakup beta-sitosterol (ditemukan pada suplemen oral dan beberapa margarin serta sitostanol) senyawa tesebut membantu menghambat penyerapan kolesterol dan dapat menurunkan kolesterol buruk (LDL). Hati-hati dengan lovastatin Anda mungkin pernah mendengar tentang suplemen penurun kolesterol yang mengandung lovastatin, Food and Drug Administration memperingatkan bahwa suplemen ini tidak aman karena tidak ada cara menentukan kuantitas atau kualitas lovastatin dalam suplemen tersebut. + Bantuan medis Lakukan pemeriksaan kolesterol dasar pada usia 20 tahun dan kemudian periksa kembali minimal setiap lima tahun. Jika hasil pemeriksaan anda tidak berada dalam rentang nilai yang diharapkan, dokter dapat merekomendasikan pengukuran yang lebih sering. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya

Komentar

Fresh