Variasi Makanan Olahan Daging | OPINI.id

Tinggal beberapa hari lagi, umat muslim akan menyambut Idul Adha. Idul Adha selalu identik dengan proses potong sapi dan kambing. Tiap orang akan mendapatkan daging sapi atau kambing yang dibagikan di masjid-masjid terdekat. Hal ini menyebabkan stok daging tiap orang akan melimpah selama 1-3 hari setelah Idul Adha. Berikut beberapa variasi makanan berbahan daging selain rendang dan sate yang bisa kamu coba buat agar tidak bosan makan daging.

Dendeng Balado

Siapa yang tidak kenal makanan berbahan daging sapi khas dari Sumatera Barat ini? Daging sapi tanpa lemak yang diiris tipis lalu digoreng kering. Setelah itu iris kasar cabai merah yang digoreng dan kemudian dicampur dengan daging ditambah tumisan bawang merah, daun jeruk dan air jeruk. Duh, jadi lapar.

Rawon Daging

Makanan khas Jawa Timur ini bisa menjadi altenatif makanan berbahan daging yang bisa kamu buat saat Idul Adha nanti. Daging sapi yang dipotong kotak seperti dadu ini harus direbus terlebih dahulu agar empuk. Kemudian tumis bumbu yang dihaluskan (bawang putih, kunyit, lengkuas, ketumbar, merica bulat, cabai merah, dan bawang merah) lalu masukkan serai, daun jeruk dan daun salam. Berikutnya campur semua bumbu ke dalam rebusan daging. Rebus dengan api sedang hingga semua bumbu meresap, dan Rawon Daging siap disantap bersama nasi putih panas!

Soto Santan Tetelan

Jika kamu lebih banyak mendapatkan daging tetelan saat pembagian daging nanti, mungkin varian masakan ini adalah yang paling pas untuk kamu buat. Soto Santan Tetelan merupakan sajian soto yang berbahan daging tetelan yang dicampur dengan santan. Bumbunya berisikan bawang merah, kemiri, bawang putih, kunyit, merica dan daun jeruk.

Perkedel Daging

Jika kamu bosan dengan makanan berbahan daging yang itu-itu aja, kamu bisa membuat perkedel daging. Sama seperti membuat perkedel pada umumnya, hanya saja untuk perkedel daging kamu tinggal menambahkan daging yang sudah dihaluskan (cincang) untuk nantinya dicampurkan dengan tumbukan kentang.

Gulai Otak Sapi

Siapa yang pernah makan gulai otak sapi? Ini adalah salah satu varian makanan khas Sumatera Barat yang enak banget tapi jarang orang pernah nyobain. Makanan ini memang jarang dibuat, bahkan hanya beberapa restoran Padang saja yang menyediakan menu Gulai Otak Sapi. Sebab mengolah makanan ini memang agak susah (agar tidak berbau amis).

Steak Daging Sapi

Jika kamu bingung ingin mengolah daging sapi yang kamu dapatkan, mungkin Steak Daging Sapi bisa menjadi altenatifnya. Selain cara membuatnya steak yang tidak terlalu sulit, makanan ini sudah lumayan populer di Indonesia. Daging yang kamu punya dibubuhi lada dan garam kemudian dipanggang hingga tingkat kematangan yang kamu suka. Kemudian kamu bisa membuat sausnya sesuai selera kamu. Selamat mencoba!

Jadi di antara seluruh list, makanan mana yang kamu ingin coba buat saat Idul Adha nanti?
Dendeng Balado
Rawon Daging
Steak Daging
Perkedel Daging
27 votes

Komentar

Fresh