Bagaimana Ciri Hubungan Tidak Sehat? | OPINI.id

Hubungan atau relasi tak hanya antar pasangan, tapi juga dengan teman, saudara, keluarga, bos, rekan kerja, dan lain sebagainya. Tetapi, tidak semua orang bisa memiliki hubungan yang sehat satu sama lain.

Terus, gimana sih ciri hubungan yang nggak sehat itu?

Ada yang mendominasi dan ada yang tidak nyaman

Salah satu di antara kamu ada yang dominan dan ‘menguasai’ yang lain. Mungkin seseorang terus-menerus mengatur-atur hidupmu, meski kamu tidak nyaman karenanya. Kamu dianggap lebih baik melakukan A daripada B, dan kamu akan patuh untuk melakukannya meski tidak senang dengan itu.

Merasa takut menolak

Kamu takut menolak melakukan hal-hal yang diminta oleh orang lain, karena takut dimarahi, atau malah yang lebih berbahaya, kamu takut ia pergi dan meninggalkanmu. Ada perasaan takut tidak bisa hidup tanpa pasangan atau sahabatmu, yang kemudian membuat kamu terus ‘maklum’ pada relasi kuasa yang terjadi di antara kalian.

Kamu tidak suka pada beberapa sikapnya, tapi tak berani jujur

Ia bisa melarangmu melakukan sesuatu, atau menyuruhmu berbuat sesuatu, tetapi kamu tidak bisa berlaku sebaliknya. Hubungan yang tidak seimbang, karena kamu merasa takut ia akan marah jika kamu jujur bahwa kamu tidak senang dengan sikapnya.

Kamu denial

Inilah tahap yang agak-agak mengerikan. Kamu denial dan menganggap segalanya masih baik-baik saja, meski sebenarnya tidak. Kamu enggan mengakui bahwa hubunganmu tidak sehat, dan kamu sedang ‘dikuasai’ pasangan.

Terus, harus gimana?

Jika kamu merasakan ada salah satu atau beberapa ciri di atas, nggak ada salahnya curhat ke pihak lain yang bisa kamu percaya. Mintalah saran, atau bahkan bantuan. Biasanya orang lain yang tidak terlibat dalam sebuah masalah malah memiliki perspektif yang bagus sebab mereka lebih netral. Goodluck!

Lalu, kalau hubunganmu dengan pasangan/sahabat/teman/saudara, gimana, sih?
Sehat, dong
Wah, agak kurang sehat nih!
Udah parah kayaknya
Maybe I need to talk...
1834 votes

Komentar (2)

Fresh