Tips Agar Nggak Gampang Baper di Medsos | OPINI.id

Baper di media sosial sering terjadi hampir setiap hari di timeline Twitter atau Facebook. Jadi twitwar dan debat panas susah buat dihindari, mulai dari topik berat seperti politik, dunia kesehatan, sampai cara makan bubur ayam. Tapi ada, lho, kiat-kiat untuk menghindari baper ketika ada yang menyinggung perasaan dan bikin pengin marah.

Perbanyak Kesabaran

Sabar adalah effort paling murah yang bisa kita lakukan. Tarik napas dalam-dalam, dan keluarkan perlahan. Media sosial cenderung bikin darah tinggi, jadi kita sebisa mungkin menjaga diri agar nggak sensitif-sensitif amat karena omongan-omongan dari luar.

Berprasangka Baik

Walaupun banyak omongan-omongan nggak enak di media sosial, kalau nggak bisa sabar juga, paling nggak kita bisa berprasangka baik. Kok? Coba lah ganti point of veiw, pahami posisi mereka. Mungkin hari-harinya lagi berat, banyak masalah sampai nggak bisa nyaring perkataan. Terus, kalau ada yang nyinyir... tahan jari dulu, mungkin yang dia maksud bukan kita. Jadi kita nggak usah dan nggak perlu ge-er dan baper.

Abaikan

Kita juga bisa mengabaikan hal-hal di media sosial, lho. Apalagi yang bikin kita kesel, pengin banting HP, atau malah pengin nyekolahin orang biar kalimat-kalimatnya lebih pintar. Demi kesehatan, abaikan. Nikmati media sosial sebagai tempat berteman atau mencari informasi (yang benar) yang menyenangkan. Kita nggak bisa mengontrol orang, tapi kita bisa kontrol diri kita sendiri.

Piknik!

Ini lah cara agar nggak gampang baper yang berbayar. Piknik! Katanya kalau orang gampang baper karena dia kurang piknik. Ayo piknik, keluar dari dunia maya dan sadar lah kalau masih ada dunia nyata. Biasanya sibuk di dunia nyata nggak bakal punya waktu buat baper di dunia maya. Katanya. Ada yang nyinyir? I'm busy enjoying my life, darling!

Komentar

Fresh