Lomba yang Selalu Ada di Perayaan 17-an | OPINI.id

Tinggal menghitung hari, hari lahirnya Indonesia pada tanggal 17 Agustus tiba. Jika membicarakan tentang hari kemerdekaan Indonesia, memang tidak pernah bisa lepas dari acara-acara yang menyemarakkannya. Salah satunya tentu saja berbagai macam perlombaan 17-an yang begitu identik sebagai penghias perayaan HUT RI. Apa saja lomba-lombanya? Coba tebak dulu…

1. Tarik tambang

Tarik tambang bisa jadi merupakan lomba yang sangat identik dengan lomba 17-an. Lomba ini membutuhkan kerja sama kelompok yang mumpuni untuk menang dan menaklukkan lawan. Namun, siapa sangka di balik kesederhanaannya, ternyata tarik tambang bisa mengajarkan pentingnya keyakinan antar anggota regu meraih keberhasilan.

2. Balap karung

Lomba yang satu ini pasti tidak asing lagi buat anak-anak 90-an. Ya, apalagi kalau bukan balap karung! Para pemain memasukkan kakinya ke dalam karung goni lalu berlari dengan cara melompat untuk mencapai garis finish. Kadang-kadang, saking bersemangatnya, pemain suka jatuh terguling bersama karung yang dipakainya. Namun, tetap saja hati bergembira setelah menyelesaikannya bukan?

3. Panjat pinang

Selain tarik tambang, panjat pinang adalah lomba per-regu yang tidak pernah lepas dari peringatan 17-an. Dalam satu regu, para pemain harus mampu memanjat pinang yang sudah dilumuri minyak dan oli untuk mengambil hadiah menarik seperti televisi, radio, atau peralatan dapur. Uniknya, pemain yang bertubuh besar harus berada di bawah dan menjadi poros untuk dilewati pemain yang bertubuh ringan supaya dengan cepat sampai ke atas.

4. Makan kerupuk

Lomba lainnya yang tidak pernah lepas dari lomba 17-an yaitu lomba makan kerupuk. Malah rasanya mungkin hambar kalau lomba 17 Agustus tidak ada lomba makan kerupuk. Lomba makan kerupuk mungkin keliatan mudah sampai kamu sendiri yang mencobanya! Hanya dengan mulut, pemain harus bersaing untuk menghabiskan satu kerupuk yang menggantung pada seutas tali.

5. Memindahkan belut ke dalam botol

Bagaimana rasanya memindahkan bulut yang lincah dan licin itu dari ember besar ke dalam sebuah botol kecil? Itulah tantangan dari lomba memindahkan belut ini. Pastinya butuh kehati-hatian, kemampuan untuk memegang hewan yang licin, serta tidak jijik saat memindahkan belut ke dalam wadah. Tenang, perlombaan ini sama sekali tidak berbahaya

6. Gigit koin

Di antara lomba lainnya, lomba gigit koin bisa dibilang lomba yang paling ekstrem. Bagaimana tidak, pemain harus mengambil koin-koin yang sudah ditancapkan pada buah seperti semangka, papaya, melon, atau jeruk bali dengan cara menggigitnya. Meski terlihat mudah, buah-buahan yang sudah ditancapkan koin itu justru telah dilumuri oli sehingga menghitam. Alhasil, wajah para pemain cemong gara-gara oli.

7. Sepak bola sarung

Apa rasanya bermain sepak bola tapi harus mengenakan sarung? Pasti ada sensasi tersendiri. Berlari-lari mengejar bola yang menggelinding di lapangan saja sudah sulit, ini ditambah menggunakan sarung pasti sulitnya jadi double. Kalau kamu mau ikutan lomba balap sarung, jangan lupa mengenakan celana lagi ya. Takutnya sarungnya tiba-tiba melorot saat kamu sedang bermain.

Di zaman sekarang ini, menurutmu lomba 17-an masih perlu apa nggak?
Masih banget buat jaga budaya
Nggak. Udah nggak relevan
Tergantung hadiahnya sih
94 votes

Komentar

Fresh