Korut Merudal | OPINI.id

Isu soal rencana Korea Utara mengebom Guam kian berhembus keras. Jika benar terjadi, inilah waktu yang dibutuhkan penduduk setempat untuk menyelamatkan diri.

Guam Kerap Jadi Incaran Korut,Mengapa?

Bagi sebagian orang mungkin gak begitu tahu apa dan dimana itu Guam. Guam adalah sebuah pulau. Pulau ini ada di kawasan Kepulauan Amerika Serikat. Letaknya ada di Barat Samudera Pasifik. Pulau yang berpenghuni 16 ribu jiwa ini adalah pangkalan militer milik Amerika Serikat. Ancaman Merudal dari Korut sebenarnya bukan hal baru khususnya bagi warga Guam. Tahun 2013 aja. Korut menyebutkan kalau pulau itu masuk dalam jarak tembak misil-misil antarbenua miliknya. Bahkan, uji coba terakhir yang dilakukan Korea Utara memastikan bahwa Guam memang masuk dalam jarak tembak. Meski isu hangat ini sudah mendunia, tapi tidak seorang pun tahu apakah Kim Jong Un, sang pemimpin tertinggi Korut merestui serangan terhadap Guam. rta

Kesempatan Kabur Warga Guam

Waduh, gimana ya nasib wara Guam kalau memang Korea Utara melepaskan misilnya? Oke guys, Pyongyang sendiri memperhitungkan kalau misil mereka akan jatuh dalam jarak 12 mil laut di luar wilayah perairan Guam tetapi masih berada di dalam ZEE pulau itu. Oleh karena itu, warga Guam gak punya banyak waktu untuk berlindung atau melarikan diri. Bahkan menurut Penasihat Keamanan Guam George Charfauros, rudal Korut hanya butuh 14 menit untuk tiba di pulau tersebut terhitung sejak ditembakan oleh Korut.

Korut vs US,Perlukah kita waspada?

Ada yang peduli dengan aksi panas panasin ini tapi ada juga yang gak mau tahu karena merasa masih jauh dari negaranya dan bukan urusannya. Sekedar informasi,Guam adalah wilayah kepulauan AS yang terletak di Barat Samudera Pasifik, 2.000 km dari Papua, dan 4.700 km dari Jakarta. Tidak begitu dekat, namun tak begitu jauh juga, lebih-lebih lagi jika bicara soal nuklir dari Indonesia. Seberapa cemas dan khawatir orang-orang Indonesia? Apalagi kemarahan Korut dipicu sejak Donald Trump berikrar untuk membalas ancaman Korut 'dengan kekuatan militer sangat dahsyat,' Seperti dilansir bbc, sejumlah warga Jakarta mengungkapkan kepada Madeleine Setiono yang melaporkan untuk BBC Indonesia, keyakinan bahwa Korea Utara hanya sekadar menggertak, namun sebagian dihinggapi kecemasan juga. "Ah, kemungkinan hanya isu belaka ya , karena pasti nggak tinggal diam juga sih, apalagi karena sudah ada ancaman serupa dari Presiden Amerika Donald Trump yang akan balik menyerang Korea," kata Fadillah Asep Gunawan, seorang supervisor restoran di daerah Jakarta Pusat. Pendapat yang tak jauh berbeda disampaikan Indra Adiputra, seorang wirausahawan. "Mungkin untuk sekarang kita belum perlu khawatir karena menurut saya belum ada dampak langsung ke sininya, ke Indonesia, saat ini," tambahnya. "Namanya berjaga-jaga boleh, tapi lebih banyak hal yang perlu kita waspadai seperti ancaman teroris di negara sendiri maupun negara-negara di sekitar."

Komentar

Fresh